Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Perkuat Keamanan di Era Digital, Diskominfo Kabupaten Jayapura Sosialisasikan Persandian & Keamanan Informasi

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura menggelar kegiatan sosialisasi persandian dan keamanan informasi dalam rangka memberikan wawasan serta pengetahuan kepada seluruh perangkat daerah kabupaten jayapura yang dilaksanakan di Aula lantai 2 Kantor Bupati Jayapura, Senin (4/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Provinsi Papua, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura, dan Perangkat Daerah Kabupaten Jayapura.

banner 325x300

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomon, Asisten II Bidang Ekonomin dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura, Delila Giay menyampaikan pentingnya peran keamanan informasi dalam menjaga stabilitas dan keberlanjutan pemerintahan. Informasi yang di kelola dengan baik terkait kebijakan public, keuangan daerah atau layanan masyarakat harus dijaga keutuhannya, agar tidak jatuh ke tangan yang tidak berwenang.

“Sosialisasi ini bukan hanya sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan tetapi juga sebuah bentuk komitmen kita untuk menciptakan lingkungan pemerintahan yang aman dan terpercaya.

Kita perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan informasi di setiap langkah dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat.” Ujarnya.

Delila menghimbau untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekretaris wajib mengikuti sosialisasi karena terkait dengan keamanan data dan informasi pemerintah.
“Jadi dengan mengikuti ini mereka setidaknya sudah punya pengetahuan dasar terkait keamanan informasi” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Provinsi Papua, David menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya sosialisasi tersebut. Menurutnya, pentingnya penguatan sumber daya manusia untuk penanganan keamanan informasi.
“Kita tidak hanya mengandalkan tim persandian saja yang bekerja, karena untuk keamanan informasi itu harus kita semua dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga harus bisa bangun tim keamanan seperti itu”

Ia mengharapkan nantinya dapat terbentuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di Kabupaten Jayapura.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon mengatakan keberhasilan layanan public yang menjaga privasi masyarakat tidak dapat dipisahkan dari ketahanan system informasi.

“Diharapkan, kegiatan Sosialisasikan Persandian & Keamanan Informasi pemkab jayapura dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk pondasi keaman informasi yang kuat untuk melindungi integritas kerahasiaan dan ketersediaan informasi. Kebijakan keamanan informasi perlu diperbaharui secara berkala untuk tetap relevan dengan perkembangan teknologi”.

Pada kegiatan itu, Diskominfo Kabupaten Jayapura menghadirkan dua narasumber, yaitu Badan Siber Sandi Negara (BSSN) secara daring dan Diskominfo Provinsi Papua.
“Tahun ini kita fokus sosisalisasi untuk kepala OPD dalam hal ini lewat sekretaris-sekretarisnya, untuk tahun depan kita pembentukan forum CSIRT. Perkembangan TIK saat ini cukup luar biasa jadi keamanan informasi ini penting untuk kita terus lakukan peningkatan SDM,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300