Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Pedagang Korban Kebakaran Pasar Phara Sentani Tetap Menolak Sistem Lotre, ini jawaban PJ.Bupati Jayapura

PJ.Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat mendengarkan 3 tuntutan dari para pedangang korban kebakaran pasar phara sentani ( 13/02/31).

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura  melakukan serah terima lapak/ Los kios kepada korban kebakaran Pasar Phara Sentani yang terjadi pada 6 januari 2023, di serahkan secara langsung oleh Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo pada senin 13 februari 2023 di pasar baru sentani, di Los kios baru yang sudah di siapkan.

Sesuai dengan data yang di sampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jayapura  Jan Welem Rumere pedagang korban kebakaran di pasar phara sentani berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag) sebanyak 460 Los kios bagi pedagang dan sudah membangun 7 Loss pasar.

banner 325x300

Untuk los A sebanyak 80 unit kios, loss B 72 kios, loss C 96 kios, dengan total keseluruhan 248 kios, dan 75 los kios lagi di awal maret sudah selesai dan dapat di fungsikan. BPBD bisa melaksanakan pembangunan kios ini bekerjasama dengan beberapa dinas, seperti Disperindag, Sosial” ungkapnya.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat di wawancara mengatakan Pemkab membangun los kios dengan cepat, agar para pedagang cepat juga bisa berjualan dan dapat berktifitas seperti biasa, dan kios yang masih tahap pengerjaan secepatnya di selesaikan.

PJ. Bupati Jayapura pastikan semua pedagang yang selama ini berjualan di pasar dapat kios untuk berjualan kembali.

Sementara itu salah satu pedagang  pakaian cakar bongkar Wa’alina menyampaikan 3 tuntutan mereka kepada Triwarno Purnomo:
1. Pedaganga korban kebakaran pasar phara sentani meminta kepada pemerintah untuk tidak melakukan pembagian los kios dengan sistem lotre.
2. Pedagang minta pembagian los kios mengutamakan korban kebakaran yang sudah bekerja, membantu, mempercepat pembangunan los kios yang ada.
3. Pedagang minta kepada pemerintah untuk data nama nama pedagang untuk dianalisa kembali, sebab nama nama yg di daftar disperindag kebanyak nama pedagang yang sudah tidak aktif berjualan, dan banyak nama nama pedagang korban kebakaran yg aktif tidal terdaftar.

Menanggapi tuntutan pedagang korban kebakaran pasar phara sentani, Pj.Bupati Jayapura akan mengevaluasi tuntukan dari pegangang yg tidak setuju sistem lotre, nnti kita akan bahas kembali, mana yang terbaik dalam pembagian los kios kepada pedagang, tegasnya.(Redaksi)

banner 325x300