Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Perhatikan Masyarakat Asli Papua Dengan Sana Otsus, Delila Apresiasi Kinerja Kepala Distrik Sentani Barat

Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay, saat menanam jagung di kampung Dosay, Distrik Sentani Barat, Selasa (14/11/2023).

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura,jelajahpapua.com – Kelola lahan tidur menjadi lahan produktif, Pemerintah Distrik Sentani Barat Gunakan Dana Otonomi Khusus (Otsus)  2023 dengan melakukan penanaman bibit jagung seluas1 hektar di kampung Dosay, Distrik Sentani Barat, Selasa (14/11/2023).

Penjabat (PJ) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo yang di wakili Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay mengapresiasi dan mengucapkan trimakasih kepada Kepala Distrik Sentani Barat dan jajarannya, karena sudah mewujudkan salah satu program nasional, yaitu pengendalian inflasi. Kinerja luar biasa sudah dibuktikan saat ini dengang menyiapkan lahan 1 hektar yang dikelola oleh kelompok tani Sanda Pai untuk ditanam jagung. Dari data yang diterima, untuk pertanian ada 4 hektar yang sudah dikerjakan, 1 hektarnya yang saat ini kita tanam.

banner 325x300

” Kami bangga punya kepala Distrik bersama jajarannya, dengan tepat sasaran memberikan dana otsus kepada kelompok petani. Saya melihat bantuan yang diberikan kepada setiap kelompok tani cukup banyak, seperti peratan pendukung pertanian, tetapi juga uang,”ucapnya.

Delila menyampaikan lahan yang bagus ini harus dikelola dengan baik, bukan hanya di tanam jagung, tetapi juga tanaman holtikutura. Lalu kelompok tani yang lain dapat termotivasi agar kelompok tani yang di dukung dengan Otsus dapat menekan Inflasi di Distrik Sentani Barat.
“Apabila masyarakat punya lahan tidur, kedepan dapat dikelola, lahannya bukan menjadi milik pemerintah, tetapi pemerintah membantu masyarakat dalam memberikan dukungan, dengan berkoordinasi melalui kepala distrik maupun kepala dinas terkait sehingga manfaatnya benar benar dirasakan oleh masyarakat asli papua,”jelasnya.

Tidak hanya itu, Delila minta kepala distrik sentani barat membantu petani dalam pemasarannya, agar jagung ini memiliki harga jual yang bagus yang berdampak pada peningkatkan ekonomi pada kelompok tani. Lalu kelompok tani yang lain juga diharapkan mampu menggunakan bantuan dana Otsus yang diberikan oleh pemerintah distrik. Pada kegiatan tersebut, Delila juga menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan kelompok tani ,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300