Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3/ 3

Pemkab Jayapura mempercepat pemanfaatan Terminal Toware

Terminal Penumpang Type B Toware.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura,jelajahpapua.com – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Jayapura, melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, mewacanakan beberapa hal salah satunya mempercepat pemanfaatan Terminal Tipe B Toware, Distrik Waibu, kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw saat di wawancara di Sentani, Rabu (20/09/2023).

Alfons mengatakan mempercepat pemanfaatan Terminal Tipe B Toware masuk dalam agenda pembicaraan pejabat di lingkup Pemkab Jayapura dapat cepat beraktifitas.
“Beberapa hal yang kami bahasa mengenai ruang lingkup perhubungan di daerah ini, salah satunya Terminal Tipe B tersebut,” katanya.

banner 325x300

Menurut Alfons, selain membahas tentang terminal, pihaknya juga membahas mengenai pendaftaran semua aset fisik dermaga pada Kementerian Perhubungan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam skema Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN).

“Kita inginkan semua dermaga di daerah ini didaftarkan dan dikelola dengan baik sehingga pemerintah memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena pemanfaatannya dengan baik,” ujarnya.

Alfons menjelaskan pemerintah pusat terus mendorong percepatan pemanfaatan pelabuhan Depapre sebagai pelabuhan pengumpul dalam skema tol laut maupun layanan transportasi reguler penumpang.

“Kementerian Perhubungan selalu berkomunikasi dan kami (Pemkab Jayapura) untuk secepatnya mengoperasikan pelabuhan Depapre sehingga mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah itu,” katanya.

Dia menambahkan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata pada tempat-tempat wisata di Kabupaten Jayapura menjadi salah satu perhatian serius pihaknya sehingga mampu menunjang perekonomian masyarakat.

“Kami selalu bekerja dengan menjaga komunikasi sektoral antar-OPD (Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam segala pembangunan di daerah ini sehingga tujuan pembangunan tersebut tercapai dan masyarakat bisa sejahtera,” ujarnya. (Imel)

banner 325x300