Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Pemkab Jayapura Lakukan Sinkronisasi Kegiatan Penyusunan RTRW, Dengan 5 Wilayah  Berbatasan Dengan Kabupaten Jayapura

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Sinkronisasi Kegiatan Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Jayapura Dengan Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kota Jayapura Provinsi Papua dan Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yalimo Provinsi Papua Pengunungan.

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Elpyna Situmorang mengatakan fungsi dari tata ruang yang kita lalukan melalui Forum Grup Diskusi (FGD) melakukan sinkronisasi untuk memastikan peta tata ruang yang berbatasan dengan wilayah kabupaten jayapura, hal ini disampaikan di Hotel Horex Sentani, Kamis (12/10/2023).

banner 325x300

Sebelum dilkakukan revisi secara total berdasarkan Perda no 21 tahun 2009 tentang tata ruang. Ada beberapa hal seperti, memastikan batas batas wilayah yang berkaitan peta tata ruang kabupaten jayapura.
“Jadi sudah ada beberapa penyelesaian batas yang sudah selesai. Untuk kota jayapura sudah keluar keputusan Permendagri serta berita acara kelanjutan dari proses batas wilayah kabupaten jayapura dapat di lihat dengan tugu batas, dan juga bagian dari danau sentani.

Ada beberapa hal yang memang masih tahap komunikasih dan penyelesaian, seperti kabupaten sarmi, kabupaten keerom, kabupaten Yalimo, kabupaten pengunungan bintang. Melalui brita acara dan proses permendagri ada yang menjadi wilayah kabupaten jayapura. Begitu juga dengan peta tata ruang kabupaten lain yang berbatasan dengan kabupaten jayapura.

Berdasarkan kordinat, masing masing kota/kabupaten kita melakukan revisi raperda tata ruang dengan waktu yang di berikan,”ucapnya.

Dengan pertemuan ini diharapkan mendapat kesepakatan mengenai peta tata ruang, lalu dibahas perda revisi tata ruang berdasarkan kesepakatan dari sinkronisasi yang dilakukan ini,”ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jayapura, Alpius Toam menyampaikan sinkronisasi kegiatan penyusunan rencana tata ruang wilayah (RTRW) kabupaten jayapura merupakan bagian yang sangat penting untuk kita bersama sama melakukan sinkronisasi teritama untuk kota/kabupaten yang berbatasan dengan kabupaten jayapura, seperti Kabupaten Pengunungan Bintang dan Kabupaten Yalimo.

Pertemuan sinkronisasi ini bagaimana memberikan kontribusi terhadap batas batas wilayah terhadap RTRW,”jelasnya.
“Hal ini sangat penting, membantu kita dalam pengelolaan sumber daya alam, lingkungan secara berkelanjutan.
Dengan sinkronisasi ini, kitq menghindari konflik antara perbatasan.
Alpius Toam berharap, pertemuan sonkronisasi ini dapat saling memberi kontribusi agar kedepan pembangunan hang kita lakukan di setiap wilayah dapat terencana, adanya keamanan, ketertiban, serta menunjang penyelenggaraan infrastruktur antar wilayah,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300