Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Pembukaan Paripurna Masa Sidang I Dihadiri Sekda Kabupaten Jayapura

Pembukaan Rapat Paripurna Masa Persidangan I DPRD Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2024, di Sentani, Selasa(23/01/2024).

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura menggelar pembukaan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jayapura Masa Persidangan I Tahun Anggaran 2024, di Hotel Grand Allison Sentani, Selasa (23/01/2024).

Rapat paripurna masa persidangan I ini merupakan rapat paripurna pertama di awal tahun anggaran 2024.
Pelaksanaan rapat paripurna dipimpin Ketua Sementara DPRD Kabupaten Jayapura Patrinus R. N. Sorontou.

banner 325x300

Pada rapat paripurna,  pimpinan sidang (Patrinus Sorontou) selaku Ketua Sementara DPRD Kabupaten Jayapura, Wakil Ketua I Muhammad Amin dan Sekda Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP. Karena anggota dewan yang hadir hanya 11 orang dari total 25 orang anggota DPRD Kabupaten Jayapura, sehingga pelaksanaan paripurna itu dinyatakan tak kuorum.

Meski demikian pembukaan rapat paripurna tetap dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan pembacaan daftar hadir anggota DPRD Kabupaten Jayapura yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura Derek Timotius Wouw.

pimpinan sidang (Patrinus Sorontou) selaku ketua DPRD sementara usai membuka paripurna tersebut, sempat memberikan kesempatan kepada para ketua fraksi untuk menyampaikan apakah rapat paripurna itu dilanjutkan atau di skors hingga memenuhi kuorum.
Namun, hanya satu fraksi (PKB) dari lima fraksi yang meminta agar paripurna itu diskors untuk sementara waktu sambil menunggu anggota dewan lainnya hadir, guna memenuhi kuorum dalam persidangan kali ini.

Karena empat fraksi (NasDem, PDI Perjuangan, Gerindra dan BTI) yang setuju agar sidang tetap dilaksanakan atau dilanjutkan. Meskipun, paripurna itu tidak memenuhi kuorum. Pimpinan sidang tetap melanjutkan rapat paripurna masa persidangan I itu walaupun hanya dihadiri 11 anggota dewan saja.

Pada pidato pembukaannya, Patrinus R. N. Sorontou mengatakan, pemilu 2024 dalam hal ini Pileg tinggal menghitung hari, terhitung mulai hari ini waktu efektif tersisa 23 hari lagi. Untuk itu, atas nama pimpinan dewan, Patrinus Sorontou sapaan akrabnya mengimbau kepada rekan-rekan anggota dewan agar dalam kesibukannya guna menghadapi pemilu 2024 ini dengan tidak mengindahkan tugas-tugas konstitusionalnya sebagai anggota dewan dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat di Bumi Khenambay Umbay.
“Pada kesempatan ini, kami dari DPRD mengimbau kepada pihak eksekutif agar dapat bekerjasama dalam memberikan informasi-informasi yang diperlukan, guna memperlancar tugas-tugas dewan, baik dalam sidang-sidang maupun kegiatan dewan lainnya,” imbuh Legislator PDI Perjuangan Kabupaten Jayapura ini
Atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Patrinus Sorontou mengucapkan selamat tahun Baru 2024.

“Semoga kita sekalian diberi kekuatan untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan hidup baru, semangat baru dan tekad baru, untuk kita bersama-sama membangun dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Jayapura yang juta cintai dan banggakan ini,” ucap pria yang juga Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura ini.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, menyampaikan, bahwa dirinya diperintahkan oleh Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, untuk menghadiri pembukaan rapat paripurna masa persidangan I DPRD Kabupaten Jayapura.
“Sudah sesuai aturan, walaupun tadi ada kesepakatan dari pimpinan DPRD dengan fraksi-fraksi dewan. Meskipun belum memenuhi kuorum, tetapi mereka (pimpinan sidang dan fraksi) telah bersepakat untuk tetap melanjutkan pembukaan rapat paripurna masa sidang I di awal tahun 2024 ini.
Kemudian, pembukaan sidang sudah berjalan yang diakhiri dengan skors untuk melanjutkan sidang paripurna pada waktu yang telah ditentukan,” papar Sekda Hana. (Imel).

banner 325x300