Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Otsus Hadir Untuk Masyarakat, Kepala Distrik Sentani Barat Beri Bantuan Pertanian Berkualitas Kepada 6 Kelompok

Kepala Distrik Sentani Barat bersama staf distrik saat menyerahkan peralatan pertanian bagi 6 kelompok, Selasa (17/10/2023).
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Distrik Sentani Barat tahun 2023 menerima dana Otonomi Khusus (OTSUS) Sebesar 1,2 miliar yang terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu Spesifik Grand dengan anggara 200 juta dan Block Grand 1 miliar, hal itu di sampaikan Kepala Distrik Sentani Barat, Yance Samonsabra saat di wawancara, usai memberikan bantuan alat pendukung pertanian di 6 kelompok, Selasa (17/10/2023).

Samonsabra menjelaskan, ada 6 kelompok yang menerima alat pertanian, diantaranya kelompok paud tunas harapan I kampung waibron, kelompok kurang berdaya kampung waibron, kelompok barebu, kelompok sing, kelompok jemaat GKI betesda dikampung maribu, kelompok sandapai dikampung dosay.
“Untuk Spesifik Grand 200 juta digunakan untuk pendataan dan membangun rumah data.
Sedangkan block grand 1 miliar di gunakan untuk pertanian dan perikanan.

banner 325x300

Bantuan yang kita berikan kepada 6 kelompok, mendukung perluasan areal pertanian dengan memberikan alat seperti, mesin traktor, kawat duri, pupuk, parang, semen, kayu dan uang.
Lalu untuk perikanan, pemerintah distrik sentani barat melalui kelompok perikanan sudah melakukan pengerjaan pembuatan 10 kolam ikan,”ucapnya.

Untuk lahan yang digunakan oleh kelompok pertanian tidak menjadi masalah, karena setiap kelompok mengelolah dilahannya masing masing.
“Diberikannya dana otsus kepada masyarakat, berarti otsus sudah di terima sampai di tingkat masyarakat.
“Kehadiran pemerintah sudah di rasakan masyarakat melalui tingkat distrik, dengan memberikan peralatan pertanian.

6 kelompok yang menerima dana otsus didistrik sentani barat beragam, sehingga hal ini menjadi fokus penting untuk kami dukung.
Samonsabra mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten jayapura, yang secara langsung menyerahkan dana otsus ke tingkat distrik, lalu distrik menyerahkan kepada masyarakat.
Ia menyatakan otsus ini juga kita berikan untuk mendukung infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan, yang ada dalam juknis dengan tujuan kita dapat mengarahkan dana otsus tepat guna dan tepat sasaran.

Samonsabra juga sudah melakukan Instruksi PJ Bupati Jayapura dalam menekan angka stunting di distrik sentani barat, salah satunya pemberian makanan yang baik dengan memberikan batuan kepada kelompok paud.
Ia berharap bantuan yang di berikan kepada 6 kelompok pertaian dapat di gunakan dengan baik dan dari bantuan itu kelompok mampu mengembangkan pertaniannya,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300