Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Gunakan Dana Otsus 9 Miliar, DP2KP Bangun 26 Unit Rumah Sehat

12 Unit Rumah Sehat, Type 45M2 yang dibangun Dinas Pertanahan Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Jayapura, di Kampung Sawe Suma, Distrik Unurum Guay.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Dinas Pertanahan Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura tahun 2023 terima Dana Otonomi Khusus (Otsus) senilai 9 miliar. Sesuai dengan juknis Otsus yang diterima untuk pembangunan rumah sehat, hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanahan Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP), Tery Ayomi saat diwawancara di Kampung Sawe Suma, Distrik Unurum Guay, Jumat (8/12/2023).

Tery mengatakan DP2KP tahun 2023 terima dana Otsus senilai 9 miliar dengan mengerjakan 26 unit rumah sehat yang ada di sembilan Distrik yaitu, Distrik Unurum Guay, Yokari, Revenirara, Sentani timur, Sentani, Sentani Barat, Namlong, Depapre di kampung Tablasupa dan Yapase, Yapsi.

banner 325x300

Dari 26 unit rumah sehat ini, ada 4 rumah untuk pastori, sebagai bentuk dukungan Pemkab Jayapura dalam pelayanan keagamaan.
“Kita bantu bangun dua rumah pastori di wilayah Genyem dan dua rumah pastori di Kampung Yokiwa (Distrik Sentani Timur),” ujarnya.

Untuk pebangunan 26 unit rumah sehat yang dikerjakan DP2KP di sembilan Distrik berdasarkan usulan Musrembang Kampung.
“Jadi DP2KP menggunakan dana otsus sesuai juknis untuk pembangunan rumah sehat,”ungkapnya.

Sedangkan pengerjaan untuk pembangunan 26 unit rumah sehat ini sekitar 120-150 hari bila tidak ada hambatan.
Saat ditanya tentang lahan yang digunakan, Tery pastikan tidak ada masalah dengan tanah, karena kita sudah melakukan koordinasi dan komunikasih baik itu kepada Pemilik Tanah, Kepala Distrik, dan Kepala Kampung.

26 unit rumah sehat Type 45m2 yang diberikan kepada masyarakat sangat layak dengan fasilitas, 2 ruang kamar, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, dapur, ruang teras depan dan belakang, jalan sudah di cor, penerangan jalan sudah ada (Lampu jalan), Listrik, Pipa Air, dan Drainase,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300