Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Gunakan Dana Otsus 1,2 Miliar, Ini Yang Dilakukan Kepala Distrik Sentani Barat

Kepala Distrik Sentani Barat, Yance Samon Sabra, diruang kerjanya, Rabu (27/09/2023).
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Tahun 2023, Distrik Sentani Barat menerima Dana Otonomi Khusus (OTSUS) sebesar 1,2 miliar, dibagi dua kegiatan yaitu, Spesifik Gren Rp 200.000.000 dan Block Gran Rp 1.000.0000.000, hal itu disampaikan Kepala Distrik Sentani Barat Yance Samon Sabra Saat di wawancara di ruang kerjanya, Rabu (27/09/2023).

Yance menjelaskan untuk dana otsus Spesifik Gran 200 juta di peruntukkan membangun rumah data. Hadirnya rumah data agar 5 kampung yang ada di Distrik Sentani Barat bisa sinkron mengenai data data, baik data dari tingkat kampung, tingkat distrik dan tingkat kabupaten.
“Hadirnya Rumah Data dan fasilitasnya melalui aplikasi sio papua dari tingkat kampung ke distrik, sedangkan simpoi dari tingkat distrik ke kabupaten. Semua masyarakat dapat mengakses melalui data sio papua dan simpoi distrik sentani barat,”jelasnya.

banner 325x300

Rumah data yang di siapkan, menuju Indonesia Satu Data.
“Jadi Distri Sentani Barat tidak harus ke kota untuk mencari data, hadirnya rumah data akan membantu masyarakat yang ada di kampung, mengetahui berapa dana Otsus, Dana Desa, ADD dan lainnya. Bagaimana program kerja dari setiap kampung, distrik, dan kabupaten setiap tahunnya dapat di lihat di rumah data. Untuk rumah data sudah siap, tinggal melengkapi fasilitas rumah data, sehingga awal tahun 2024 sudah dapat di fungsikan dan data sudah dapat di terima masyarakat,”jelasnya.

Sedangkan dana Block Gren 1 miliar di gunakan untuk perluasan areal perikanan dan pertanian.
Untuk areal pengembangan perikanan ada di kampung maribu tua dengan budidaya ikan air tawar. Menyiapkan 10 kolam dengan ukuran besar, untuk bibit ikan dan pakan akan di bantu oleh Dinas Kelautan dan Perikanan.
“10 kolam ini masih tahap pengerjaan. Tidak hanya itu dengan menyiapkan areal 10 kolam ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di kampung maribu.

Sedangkan areal pertanian akan di persiapkan dengan luasan lahan 4 hektar yang berada di beberapa kampung. Pertama, Kampung maribu dengan luas 1 hektar, yang sudah di kerjakan oleh kelompok gereja, mulai dari persiapan lahan, dan perlengkapan lainnya. Apabila sudah selesai, kita akan menyerahkan kepada kelompom gereja untuk di kelolah. Kedua, kampung waibron dengan luas 1,5 hektar yang di kerjakan oleh kelompok PAUD.
Ketiga, Kampung Dosay 1 hektar, dan di panajang rejo maribu ada sekitar setengah hektar di berikan kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, Yance juga akan menyiapkan semua peralatan yang di butuhkan dan juga bahan bahan untuk membuat tembok pembatas lahan.
“Kita akan buat surat hibah kepada kelompok dan masyarakat untuk kita serahkan kepada mereka peralatan dalam mendukung perikanan dan pertanian,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300