Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Dana Desa Tahap Ketiga Sudah Mulai Salurkan DPMK Kabupaten Jayapura

Kepala DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Penyaluran Dana Desa (DDS) tahun 2023 di Kabupaten Jayapura pada tahap ketiga telah mencapai 20 persen. 80 persen sisanya masih menunggu laporan pertanggungjawaban setiap kampung terhadap penggunaan dana desa tahap sebelumnya, hal itu di sampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra saat di wawancara diruang kerjanya, Rabu (01/11/2023).

Elisa mengungkapkan, 20 persen dana desa tahap ketiga itu telah dialokasikan seluruhnya hingga awal November 2023 ini.
“Untuk tahap dua dari dana desa itu sudah 90 persen yang sudah tersalurkan, sedangkan di tahap ketiga ini kita sudah mulai salurkan sekitar 15 persen sampai 20 persen untuk dana desa tahap ketiga dan dalam pekan ini kita sudah menyalurkan,” jelasnya.

banner 325x300

Ia menyampaikan, DPMK Kabupaten Jayapura telah menyalurkan alokasi Dana Desa (DDS) Tahap Ketiga Tahun 2023 setelah melakukan laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana desa tahap sebelumnya. Selain itu, telah menyalurkan Alokasi Dana Kampung (ADK) Tahap Kedua Tahun 2023.
“Kami sudah salurkan dana desa hingga tahap ketiga dan juga dana ADK sudah masuk tahap kedua. Penyaluran untuk alokasi DD dan ADK sudah selesai semuanya. Karena ADK hanya dua tahap penyaluran dan DDS tiga tahap penyaluran, dengan ketentuan kampung mana saja yang sudah melakukan proses-proses pertanggungjawaban dana sebelumnya.

Dia menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya sudah mulai melakukan monitoring evaluasi (Monev) akhir tahun, untuk memastikan semua penyaluran dana di seluruh distrik.
“Tidak hanya mengumpulkan, kami juga sudah melakukan monitoring secara entry meja di kantor dari sisi pelaporan, lalu akan kroscek lapangan untuk mengecek semua proses penyaluran dana.
Sesuai dengan regulasi yang ada, untuk penyaluran dana desa tahap ketiga ini kita tertib dan kita tidak bisa sekedar salurkan begitu saja. Kampung harus memenuhi syarat-syarat, untuk kita bisa salurkan dana desa,” pungkasnya. (Imel)

banner 325x300