Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3/ 3

Buka Jambore Kader Siamal 2023, Sekda Kabupaten Jayapura minta: Angka Malaria Turun Setiap Tahunnya

Foto Bersama Pembukaan Jambore Kader Siaga Malaria (Siamal) oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Rabu, 26 Juli 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Jambore Kader Siaga Malaria (Siamal) tahun 2023 yang di ikuti 350 orang kader siaga malaria Kabupaten Jayapura yang di laksanakan selama dua hari mulai Rabu 26-27 Juli 2023 dan dipusatkan di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani.

Jambore selama 2 hari dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, Selasa (26/07/2023) yang dihadiri unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura.

banner 325x300

Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, mengatakan, sangat mengapresiasi kerja atau gebrakan nyata kader siaga malaria yang ada di kampung – kampung, yang mana sejak Oktober 2022 mampu menangani 47.953 kasus malaria dengan pengobatan langsung dengan pengawasan dan pendampingan dari setiap Puskesmas.
“Dengan berlangsungnya jambore tersebut, diharapkan mampu meningkatkan motivasi para kader, memberikan pemahaman serta keterampilan kepada para kader malaria. Supaya mampu meningkatkan pengobatan, pengendalian dan pencegahan penyakit malaria di kabupaten jayapura, “ungkapnya.

Semetara itu, Ketua Malaria Center Kabupaten Jayapura Khairul Lie, saat di wawancata mengatakan, jambore dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat kapasitas kader dalam upaya pencegahan malaria.
“Jambore Siamal ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kader Siamal, juga refreshing kemampuan teknis kader, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui praktek baik dari sesama kader Siamal, melakukan sosialisasi dan promosi upaya penanggulangan malaria, serta menyuguhkan hiburan kepada kader maupun masyarakat sekitar,” jelasnya.

Selain itu, Khairul juga menyampaikan, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan jambore kader Siamal seperti defile para kontingen yang melibatkan 19 distrik dari 22 Puskesmas, pameran hasil kegiatan kader di kampung, cerdas cermat, tari-tarian, penampilan kelambu anti malaria raksasa, pemantapan komitmen yang melibatkan semua stakeholder dan penghargaan kader malaria terbaik.
“Lalu ada penghargaan kepada Pj Malaria terbaik, kepada Kepala Puskesmas terbaik, pembagian hadiah lomba dan asah terampil, serta ada penyerahan secara simbolis uang lelah kepada kader siaga malaria, serta serba-serbi.

Kegiatan Jambore Kader Siamal dilaksanakan dengan dukungan Dirjen Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Pemkab Jayapura, Global Found, Yayasan Perdhaki, serta didukung oleh UNICEF, Yayasan Gapai Harapan Papua dan juga sponsor yang tidak mengikat seperti Bank Papua, BRI, Hydro Coco dan Puroxa,”tutupnya. (Imel)

banner 325x300