Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Pertama Dalam Sejarah, Dua Putra Terbaik Waibhu Bersatu Maju Bacabup 2024

Dua Bacabup Asal Waibhu, Orgenes Kaway dan Alpius Toam mendapat restu dan dukungan dari 5 Ondofolo dan 12 Kepala Suku, tokoh masyarakat, agama, perempuan, dan pemuda yang ada di Waibhu maju Pilkada 2024, di Obhe Kwadeware, Distrik Waibhu, Jumat 26 April 2024.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Deklarasi Putra terbaik Waibhu Bakal Calon Bupati (BACABUP) periode 2024-2029 saatnya Waibhu bersatu menuju Bhaneyau Mokho yang berlangsung di Obhe Kampung Kwadeware, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat, 26/04/2024.

Mempersiapkan diri dalam pertarungan Pilkada 2024 dilakukan oleh 2 Putra Terbaik asal Waibhu Kabupaten Jayapura, yakni Orgenes Kaway dan Alpius Toam yang mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat Waibhu.

banner 325x300

Origenes Kawai secara adat sabagai Ondofolo Kampung Bambar, Ketua Dewan Adat Suku Sentani (DASS) dan didunia politik sebagai Anggota DPR Papua dari PKB.
Bacabup Jayapura Alpius Toam berlatarbelakang dari birokrasi yang sudah banyak melakukan perubahan untuk kabupaten Jayapura. Dengan menjadi Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura.

Ondoforo Igwa-Igwa Teisuru Waibhu, Nixon Tomung Marweri saat di wawancara menyatakan deklarasi yang ini didukung oleh 5 Ondoforo dan 12 Kepala Suku, tokoh masyarakat, agama, perempuan, dan pemuda yang ada di Waibhu menyatakan sikap mendukung kepada 2 putra papua dari Waibhu untuk maju di Pilkada Serentak Kabupaten Jayapura Tahun 2024 yang dituangkan dalam poin pernyataan sikap.

5 Ondoaforo yang memberikan dukungan, yakni Kwadeware, Doyo Lama, Yakonde, Sosiri dan Dondai.
“Jadi pernyataan sikap yang telah kami disampaikan dalam acara deklarasi itu sebagai bentuk dukungan penuh kepada dua putra terbaik asal Waibhu,”ujarnya.
“Kami bersatu untuk memastikan kedua putra Waibhu harus ada yang terpilih. Ini harga diri kami pertaruhkan semuanya,” tegasnya.

2 putra terbaik Waibhu ini kata Ondoforo Nixon, Orgenes Kaway dan Alpius Toam sudah memiliki pengalaman yang banyak baik sebagai birokrat dan juga politis
“Sehingga kami tidak ragu dengan kapasitas teruji pada bidang masing-masing,”katanya.

Sesuai komitmen dari kami, semua suara kami berikan kepada 2 putra terbaik Waibhu melalui moment terbaik ini.
Deklarasi Waibhu bersatu memang ada dilakukan tradisi pemberian topi cenderawasih artinya tanda kebesaran. “Itu tanda kebesaran dari kami dan juga ada ceritanya. Sedangkan, pengalungan Noken, artinya pemberian restu dan amanah dari masyarakat adat.

Sementara itu, Bacabup, Alpius Toam menjelaskan, deklarasi ini sebuah pernyataan untuk dirinya bersama Origenes Kaway yang dipercayakan masyarakat Waibhu.
“Kami ingin mendengar saran dan juga aspirasi mereka. Makanya kami mengapresiasi kepada semua yang datang hingga memberikan dukungan penuh kepada kami berdua maju dan itu telah dinyatakan,” jelasnya.
Sebagai Anak Adat, kata Alpius Toam, inilah tempat yang mesti didatangi. Sebab dua putra terbaik Waibhu ini lahir dan berasal dari kampung yang ada di Distrik Waibhu.

Deklarasi yang dilakukan ini, menjadi bukti, memberikan semangat dan juga dukungan untuk maju bertarung di Pilkada Kabupaten Jayapura 2024.
Masyarakat yang menghendaki kami berdua harus maju bersama-sama.
“Jangan hanya karena kepentingan pilkada bisa memisahkan kita. Kita tetap bersaudara.

Saat ini masih ada dinamika politik yang masih bergerak. Oleh karena itu, kami berjalan dengan ketentuan siapa yang duluan memiliki dukungan partai nantinya.
Alpius Toam menyampaikan, jikalau diantara salah satu mendapatkan perahu, maka satunya memberikan dukungan.

Melalui momentum ini kami mengajak semua bersatu sebab Kabupaten Jayapura dijadikan sebagai rumah bersama untuk bekerja dan berkontribusi dengan tidak memandang siapa nanti menjadi pemimpin di Kabupaten Jayapura,” imbuhnya.

Hal yang sama juga di sampaikan Bacabup Orgenes Kaway yang menegaskan deklarasi ini sebagai bukti bahwa kami berdua siap untuk bertarung di Pilkada Kabupaten Jayapura.

Orgenes Kaway berkomitmen Waibu harus maju untuk memperjuangkan masyarakat pada 9 Kampung.
Kami siap mempertaruhkan harga diri kami. Siapapun yang lolos harus saling memberi dukungan. Kami akan berjuang sampai titik darah penghabisan untuk kepentingan masyarakat,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300