banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Berita  

Pernyataan Hengky Jokhu Prematur: ini pernyataan Nelson Ondi

Ketua Pemuda Pancamarga Kabupaten Jayapura Nelson Yohosua Ondi.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Menanggapi pernyataan Ketua LSM Papua Bangkit Hengky Jokhu, Ketua Pemuda Pancamarga (PPM) Kabupaten Jayapura Nelson Yohosua Ondi menilai siaran pers Ketua LSM Papua Bangkit Hengky Jokhu di salah satu media online nasional yang telah dirilis pada Selasa, 23 Mei 2023 dengan pernyataan tentang kinerja Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Daerah pasca dilantik Menteri Dalam Negeri pada bulan Desember 2022 lalu itu terlalu prematur dan ada pesan sponsor.

“Kata Ondi, bila melihat Surat Keputusan Mendagri nomor 100.2.1.3/6266 tahun 2022, SK itu sudah jelas di Pasal Diktum kedua itu ada beberapa tugas Pj Bupati kerjakan. Pertama, pendekatan kepada masyarakat, saat Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dilantik program perdana Pj Bupati, bertemu masyarakat perayaan Natal bersama di Panti Jompo pada 23 Desember 2022, bersama dengan tokoh agama, tokoh pemuda.

banner 325x300

Kedua, pada 19 Januari 2023 PJ Bupati Triwarno mengumpulkan kepala-kepala distrik untuk membahas tentang bagaimana penanganan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Jayapura.

Ketiga, pada 28 Januari 2023, Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mendukung penuh pemekaran DOB Grime Nawa, apa yang Pj Bupati lakukan itu semuanya memang sudah tercatat dalam SK Mendagri yakni, khususnya pemekaran Grime Nawa yang selama 20 tahun rencana pemekaran di perjuangkan.

Keempat, penanganan situasi Kamtibmas sudah dilakukan bisa dilihat ada statement dari Kapolres Jayapura, (gangguan) Kamtibmas di Kabupaten Jayapura turun 20 persen, itulah salah satu langkah cepat yang PJ Bupati lakukan.

Kelima, permasalahan pendidikan, kata Ondi, semua pihak di daerah ini bisa flashback terkait adanya kasus yang pernah viral di salah satu sekolah itu diselesaikan oleh Presiden Jokowi.
“Hal itu merupakan salah satu pukulan telak untuk kita semua. Selain sewa kontraknya itu, juga bangunan sekolah baru itu terkesan ada pembangunan yang mangkrak, tetapi, ketika ada aspirasi masyarakat yang langsung disampaikan ke Pj Bupati itu langsung turun ke lapangan,” hasil kerja PJ Triwarno, sekolah yang ada mangkrak di wilayah Sentani langsung Pj Bupati lanjutkan dan juga Pj Bupati membatalkan salah satu pembangunan sekolah yang hendak dipindahkan itu terletak di wilayah Doyo Baru.

Keenam, dari sisi infrastruktur, berhasil lakukan proses  pemasangan jaringan listrik di dua kampung yang berada disekitar Danau Sentani yakni, Kensio dan Atamali.
Tujuh, dari sisi layanan publik, kata Ondi, pihaknya telah menggagas bersama Pj Bupati Jayapura terkait pembentukan badan komisi informasi publik. Walaupun masih bersifat lisan, namun gagasan pembentukan komisi informasi itu perlu didorong dengan adanya pembuatan suatu peraturan daerah yang harus mendapat persetujuan dari Mendagri.

“Itulah program-program yang sudah dan akan jalan kedepannya di masa kepemimpinan Pj Bupati Jayapura di triwulan kedua, Terlepas dari itu semua, kami minta juga kepada teman-teman awak media untuk bisa melakukan survei tersendiri terkait dengan kinerja beliau. Kalau ada pernyataan dari mereka yang menyatakan kinerja Pj Bupati itu gagal, sekali lagi saya sampaikan bahwa statement itu terlalu dini, juga dianggap prematur sekali dan tidak punya dasar yang kuat, serta ada pesan sponsor,” tegas Nelso Ondi. (Imel)

banner 325x300