Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3/ 3

Pemrov Papua: FDS XIV Mampu Tingkatkan Ekonomi OAP Kabupaten Jayapura

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua, Muhammad Rumasukun yang di wakili Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Provinsi Papua Yohanis Walilo membuka secara resmi Festival Danau Sentani (FDS) XIV 2024 ditandai dengan penabuhan tifa yang diikuti oleh Forkopimda Papua di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu, 19 Juni 2024.

Yohanis Walilo dalam sambutannya mengatakan FDS yang diadakan setiap tahun merupakan ajang untuk mempromosikan dan melestarikan budaya serta adat masyarakat Kabupaten Jayapura.

banner 325x300

“Kegiatan budaya dan kesenian ini kami harapkan tetap dipertahankan untuk menjaga keaslian warisan untuk diberikan kepada generasi selanjutnya,”ujarnya.

Menurut Walilo, FDS merupakan ajang untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Jayapura.
“Kegiatan rutin dengan tema yang setiap tahun berbeda akan menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang dan menyaksikan langsung FDS ini sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” jelasnya.

Walilo mengungkapkan pihaknya sangat mendukung Festival Danau Sentani maupun kegiatan serupa yang ada di kabupaten/kota di Papua karena akan mendukung industri pariwisata di daerah ini.

“Kegiatan yang baik diharapkan mampu menggerakkan ekonomi lokal dengan penjualan berbagai produk, kerajinan tangan, kuliner khas Papua yang dilakukan oleh masyarakat asli Kabupaten Jayapura,” katanya. Tentu festival budaya seperti ini akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Papua maupun Kabupaten Jayapura,”harapnya.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo mengatakan melalui Festival Danau Sentani maka budaya dan kesenian masyarakat di daerah ini dapat terekspos secara luas baik di dalam maupun luar negeri.

“Terselenggaranya FDS XIV ini, Pj Triwarno mengharapkan kegiatan ini sebagai sarana untuk masyarakat Papua dalam meningkatkan perekonomian dengan berbagai kuliner, kerajinan tangan yang dibuat untuk menjadi oleh-oleh pengunjung,” ujarnya.

Dia berharap FDS XIV ini dapat kembali masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, sehingga merangsang perekonomian masyarakat Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura,” Pungkasnya. (Imel)

banner 325x300