banner 728x250banner 728x250



banner 728x250

Berita  

Masjid Agung Al Aqsha Sentani Potong 16 Hewan Kurban, Untuk 1.000 Kupon Bagi Umat Muslim dan Non Muslim

Panitia Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Saat Menyerahkan Daging Kurban Kepada ammat Non Muslim,  Kamis, 29 Juni 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com  Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, Masjid Agung Al Aqsha Sentani, menyembelih sebanyak 12 ekor sapi hewan kurban dan 4 ekor kambing, di halaman belakang dari masjid, Kamis, 29 Juni 2023.
Sebanyak 16 ekor hewan kurban itu, terdiri dari 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing.
Hewan kurban yang dipotong ini ada dari Pemkab.Jayapura, jamaah, Simpatisan, dan umat non muslim juga.

Ketua Takmir Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Nurdin Syanmas mengatakan, jumlah hewan kurban tahun ini mengalami sedikit penurunan hanya ada 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Namun dari segi kualitas hewan kurban untuk tahun ini sama dengan tahun lalu, karena bobot dari sapi kurban yang disiapkan oleh panitia tahun ini kondisi bodi dari hewan kurban sangatlah besar-besar dan juga memenuhi standar untuk di kurbankan tahun ini, hal itu di sampaikan saat di wawancara saat proses penyembelihan sedang berlangsung.

banner 325x300

Menurut Nurdin, 16 hewan kurban yang dipotong tersebut akan dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid dan juga permintaan dari berbagai pihak luar masjid seperti mualaf dan Lapas Narkotika Doyo Baru.
Supaya lebih tertib dalam pembagian daging hewan kurban, pihak panitia sudah membagikan 1.000 kupon kepada masyarakat.
“Untuk penyembelihannya dilakukan setelah sholat Ied. kupon yang kami sediakan di hari raya Idul Adha tahu ini sebanyak 1.000 kupon. Yang mana, kami distribusikan kepada masyarakat yang berhak menerima seperti masyarakat sekitar masjid, kaum dhuafa, termasuk saudara-saudara kita dari warga asli Papua dan kami juga bagikan kepada warga Non Muslim.

Nirdin berharap agar pembagian daging kurban berjalan aman dan tertib. Kata Nurdin, pada hakikatnya ibadah kurban adalah bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.
“Semoga bapak ibu yang berkurban dapat menjadi ladang amal ibadah dan terus meningkat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sementara itu, Ibu Christin Pangkali sebagai non muslim yang mendapat kupon pembagian hewan kurban mengucapkan terimakasih kepada  Panitia pemotongan hewan kurban Masjid Agung Al Aqsha Sentani, karena di Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, berbagi kepada kami non muslim, sehingga momen ini menjadi spesial bagi mereka.

“Kami sebagai umat kristen bangga dan terharu karena terlebih kami mama mama papua di perhatikan, kami dari masyarakat sederhana tetapi mendapat perhatian dari Masjid Agung Al Aqsha Sentani,”pungkasnya.

Untuk diketahui, pihak Pemkab Jayapura dalam hal ini Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo juga menyerahkan satu ekor sapi, kemudian ada perorangan maupun patungan penyerahan sapi hewan kurban, terus dari pihak Masjid Agung Al Aqsha Sentani sediakan satu ekor sapi dan satu ekor sapi bantuan dari Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Cintiya Rulliani Talantan. (Imel)

banner 325x300