Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Lima Sekolah di Kabupaten Jayapura Terima Adiwiyata Nasional Tahun 2023, Patut Diajungi Jempol

Penerima penghargaan sekolah Adiwiyata oleh Lima Sekolah di Kabupaten Jayapura.
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Ada lima sekolah di Kabupaten Jayapura, menerima penghargaan sekolah Adiwiyata.
Lima sekolah tersebut terdiri dari satu sekolah dasar (SD), dua sekolah menengah pertama (SMP) dan dua sekolah menengah atas (SMA) menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2023.

Adapun penerimaan penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2023, yakni SD YPK Sentani, SMPN 1 Sentani, SMP YPPK Sentani, SMA YPPK Asisi Sentani dan SMKS YPPK.

banner 325x300

Untuk Provinsi Papua yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2023 itu hanya dua kabupaten, yakni Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Biak Numfor.
Penyerahan penghargaan itu berlangsung di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Oktober 2023, hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, saat di wawancara melalui via telepon, Kamis, (18/10/2023) pagi.
“Jadi ada lima (5) sekolah dari Kabupaten Jayapura yang mendapatkan penghargaan. Kelima sekolah itu mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2024.
“Tentunya ini merupakan kerja dan sinergitas bersama dalam meraih penghargaan ini,” tuturnya.

Ia menyampaikan adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang peduli terhadap penerapan perilaku yang ramah terhadap lingkungan.
“Dinas Lingkungan Hidup di daerah ini merupakan instansi sebagai leading sektor dalam pembinaan kegiatan ini.

Program ini selain melibatkan DLH, juga melibatkan beberapa instansi seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kemenag dan lain sebagainya.
“Penghargaan ini diberikan oleh Menteri KLHK ibu Siti Nurbaya.

Dalam arahannya, Menteri LHK menekankan bahwa Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia.

Praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup yang dilaksanakan di sekolah dan sekitar sekolah dalam rangka GPBLHS akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya dan akan berdampak pada daerah setempat sehingga bisa didapatkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat,”tutupnya. (Imel)

banner 325x300