Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Berita  

Lakukan Penguatan Kapasitas Panwaslu, Bawaslu: Panwaslu Jadi Garda Terdepan

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com –
Persiapan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Jayapura dalam menghadapi tahapan pemungutan suara pada Pemilihan Umum 14 Februari 2024 telah melakukan penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) disetiap Distrik, hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zacharias Rumbewas saat diwawancara di Kantor Bawaslu Sentani, Rabu (07/02/2024).

“Bawaslu melakukan penguatan kapasitas bagi Panwaslu di tingkat Distrik sebanyak 57 Pandis terkait pengawasan di setiap TPS.
Lalu memberikan penguatan kapasitas kepada 144 pengawas di tingkat kampung/kelurahan dengan materi yang sama.

banner 325x300

Hal itu dilakukan Bawaslu kepada Pengawas, apabila ada permasalahan di TPS, pengawas tingkat kampung dapat memberikan solusi.
“Jadi apabila ada permasalahan, pengawas dapat menyelesaikannya di tingkat kampung dan distrik, tidak sampai ke tingkat kabupaten,”ujarnya.

Sebanyak 568 pengawas di tingkat TPS yang sudah dilakukan pelatihan untuk mempertajam, memperkokoh SDM panwas di setiap TPS.
“Kita tahu panwas ini adalah garda terdepan, sebab pemilu itu adalah mahkota dari pesta demokrasi di Indonesia,”jelasnya.

Bawaslu sudah mempersiapkan hal itu sebaik mungkin, sebab peserta pemilu menaruh harapan besar kepada panwas agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, profesional dan berintegritas.

Dengan tujuan dapat terwujud pemilu yang damai, sebab ada tanggung jawab besar yang harus di jaga Bawaslu dan jajaran kepada masyarakat.

Zacharias berharap penguatan kapasitas SDM yang dilakukan Bawaslu dari tingkat distrik dan kampung kepada panwas dapat terealisasi baik dan pemilu berjalan dengan aman dan lancar,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300