Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Konferensi APS II Dibuka Hari Ini dan Membahas Berbagai Isu Strategis Di Tanah Papua

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com-Hari ini Pembukaan Konferensi Analisis Papua Strategis (APS) II Tahun 2023, di Horizon Hotel Sentani. Konferensi APS II Berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu ( 13-14 Oktober 2023) hal ini dikatakan, Ketua Umum Analisis Papua Strategis (APS) Lous Deo Calvin Rumayom melalui Ketua Panitia Penyelenggara Konferensi APS II Tahun 2023 Dorlince Mehue dan Ketua Panitia Pusat Konferensi APS II, Pastor Kato Mauri serta Dr. Jhon Manangsang Wally saat diwawancarai wartawan di Sentani, Kamis (12/10/2023).

Dorlince Mehue mengatakan, untuk persiapan Konferensi APS II Tahun 2023 di Kabupaten Jayapura sudah dilalukan secara maksimal, karena pembicaraan utama pastor Jimmy Oetoro termasuk beberapa nara sumber lainnya sudah tiba di Papua.
Untuk pelaksana Konferensi APS II direncanakan dibuka oleh Wapres RI namun karena ada Ratas dengan Presiden RI maka tidak jadi dibuka oleh Wapres dan akan dibuka oleh Pj Gubernur Papua atau nanti pembina APS yang juga sebagai Kepala OJK RI.

banner 325x300

Rangkaian konfrensi selama dua hari, dilakukan pembukaan, lalu malamnya dilakukan KKR oleh pastor Jimmy Oentoro salah satu hamba Tuhan yang telah diberkati untuk melayani di Papua.
“Untuk peserta yang sudah mendaftar secara online ada 360 orang.
Awal terlaksananya APS II berawal dari komunitas yang ada dalam WA grup tetapi semua orang komunitas itu mengambil peran tentang Papua dan akhirnya terjadi konferensi ini dengan peserta anggota komunitas itu sendiri,”ucapnya.

Konferensi APS II dengan tema besar “Strategi Membangun Papua” artinya apa yang harus disiapkan untuk memasuk Otsus ke II 2021 sampai 2041 untuk mewujudkan papua emas, karena itu, dalam konferensi APS langsung dihadiri ketua umum APS termasuk ada juga pemateri 6 Pj Gubernur di Tanah Papua yang diundang untuk bisa menyampaikan materi terkait konsep apa yang dilalukan dalam membangun provinsi masing masing di Tanah Papua.

Doriince, mengungkapkan sebagai panitia pelaksana tentu telah mempersiapkan dengan baik untuk kegiatan konferensi selama dua hari ini.
Adapun peserta 360 orang akan dibagi dalam 10 forum dan akan diliat didaftar secara online kemungkinan besar bisa mengerucutkan menjadi 5 forum dan semua sudah disiapkan panitia, akan ada Talk show selama sehari dan pada tanggal 14 Oktober dilakukan pembagian forum untuk membahas topik atau isu yang telah dibagi panitia.

Diakui, nanti pada tanggal 14 Oktober malam akan disampaikan hasil forum, kemudian penutupan akan ditutup dengan KKR yang akan diisi salah satu bupati dari Kalimantan Tengah yang punya hati untuk Tanah Papua.

Dalam Konferensi APS II Tahun 2023 salah satu kegiatan yang dipersiapkan adalah rencana dilakukan peletakan batu pertama di bukit Foromokho, untuk rencana pembangunan rumah sakit bertaraf internasional di Sentani, Kabupaten Jayapura, dimana Kamis kemarin, telah dilakukan peninjauan bersama dr Jhon Manangsang Wally selaku wakil ketua panitia pelaksana lokal Kongres APS II dan pemilik Lahan Bukit Foromokho, Pastor Jimmy Oentoro selaku pemateri utama Kongres II APS dan tim.
Dan kenapa Rumah sakit ini perlu didorong untuk membantu masyarakat Papua sebagai rumah sakit rujukan serta adanya pembangunan rumah sakit ini juga mendukung hadirnya stadium Papua Bangkit yang juga bertaraf internasional,” tutupnya. (Imel)

banner 325x300