Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3/ 3

Kapolres Menjelaskan Perubahan Jalur Tes SIM C untuk Meningkatkan Keamanan dan Kualitas Pengendara

Dok. Humas Polres Jayapura

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Kapolres Jayapura telah menjelaskan tentang perubahan jalur tes SIM C yang akan diterapkan dalam upaya meningkatkan keamanan dan kualitas pengendara, Senin (07/08).

Salah satu perubahan utama dalam jalur tes SIM C adalah penekanan pada uji praktik kendaraan. Calon pengendara akan diuji secara langsung dalam mengemudikan kendaraan untuk mengukur kemampuan mereka dalam mengikuti aturan lalu lintas dan memahami tanda-tanda jalan.

banner 325x300

Kapolres Jayapura AKBP Frederickus W.A Maclarimboen, S.IK.., MH di dampingi Kasat Lantas Iptu Baharuddin Buton, SH menyampaikan kepada seluruh elemen masyarakat, terkait dengan pelaksanaan ujian SIM C dan praktek sudah ada perubahan dari angka 8 ke lintasan sirkuit sesuai dengan kebutuhan di lapangan. “Terkait dengan sirkuit yang digunakan oleh para pemohon SIM C dalam pelaksanaan uji praktek nanti terhitung dari tanggal 7 Agustus 2023,”tuturnya.

Menurut Kapolres, perubahan ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap calon pengendara yang ingin mengajukan permohonan SIM C telah melewati tes yang sesuai dan memadai. “Tentunya diharapkan kepada para pembuat SIM C untuk menyesuaikan. Ada nilai dan norma yang didapatkan dalam pelaksanaan ujian praktek ini sendiri mulai dari adanya rambu pengereman, berhentinya kendaraan, hingga belokan zig-zag.

Selain itu, tes tulis juga akan diperbarui dengan materi yang lebih komprehensif, meliputi pengetahuan tentang peraturan lalu lintas terkini, keselamatan berkendara, dan kesadaran akan pentingnya mengutamakan etika berlalu lintas.

Kapolres berharap dengan adanya peningkatan kualitas pengendara melalui jalur tes yang lebih ketat dan komprehensif, akan tercipta masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya berlalu lintas dengan aman dan bertanggung jawab. “Semoga perubahan ini dapat memberikan dampak positif bagi keamanan dan kualitas lalu lintas di Kota dan memberikan kesadaran akan pentingnya menjadi pengendara yang baik dan bertanggung jawab,”tutupnya. (Hum & Red)

banner 325x300