Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Ini Kata Kepala BKPSDM,Terkait Kesiapan Lokasi Tes CAT Yang Dilakukan BKN

Kepala BKPSDM Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Ujian CAT yang akan di lakukan bagi 817 CPNS di kabupaten Jayapura, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional IX Jayapura telah melakukan tinjauan lokasi pelaksanaan ujian CAT (Computer Assisted Test) bagi tenaga honorer yang masuk dalam kuota 817 yang telah ditetapkan oleh MenPAN-RB sebagai CASN maupun PPPK untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, Rabu, 14 Juni 2023 lalu.

Tinjauan dilaksanakan setelah pihak BKPSDM Kabupaten Jayapura melakukan koordinasi dan juga menyurat ke BKN Pusat, guna meminta kesediaan pendampingan dari BKN Pusat dalam pelaksanaan ujian CAT tersebut.
“BKN Pusat sudah menerima surat kami. Kemudian, dari BKN Pusat memberikan kewenangan kepada BKN Papua dalam hal ini Kantor Regional (Kanreg) IX Jayapura untuk melakukan survei awal pada lokasi atau tempat penyelenggaraan ujian CAT di Kabupaten Jayapura,” ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw, ketika dikonfirmasi wartawan media online ini via telepon seluler.

banner 325x300

“Dan, hari ini (kemarin) tim dari BKN itu sudah datang di sekolah SMK Negeri 1 Sentani di Hawaii, untuk melihat ketersediaan ruangan dan juga komputer, serta melihat langsung ketersediaan instalasi listrik dan jaringan yang ada di sekolah itu sebagai tempat pelaksanaan ujian CAT,” jelasnya menambahkan.
Kunjungan Tim BKN Regional IX Jayapura untuk meninjau titik lokasi pelaksanaan ujian CAT (Computer Assisted Test), guna memastikan kesiapan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura dalam memfasilitasi pelaksanaan tes tersebut.

Berdasarkan informasi ada empat orang rombongan dari Kantor Regional (Kanreg) IX BKN Jayapura itu bersama dengan BKPSDM Kabupaten Jayapura, pihak sekolah dan juga pihak operator komputer di SMK Negeri 1 Sentani meninjau langsung lokasi pelaksanaan ujian CAT.

“Kami secara bersama-sama sudah mengecek setiap ruangan, kurang lebih ada tujuh ruangan komputer yang tersedia di SMK Negeri 1 Sentani dan setiap ruangan itu berisi 24 unit komputer.

Tim BKN Regional IX Jayapura yang meninjau lokasi itu paling pertama mengecek jaringan yang ada, ternyata jaringan disana sangat bagus dan kuat,” ujar Timothius Demetouw usai dirinya mendampingi tim rombongan ke lokasi penyelenggaraan ujian CAT di SMK Negeri 1 Sentani.
Tidak hanya mengecek kondisi jaringan, tetapi tim rombongan dari Kanreg BKN IX itu juga mengecek kondisi instalasi listrik yang sangat baik di lokasi ujian CAT itu. Hanya saja, yang menjadi kekurangan pada komputer yang tersedia disana itu tidak disertai dengan kamera pemantau atau webcam.

“Sehingga mereka dari tim rombongan menganjurkan kepada kami, dari tujuh ruangan yang tersedia itu untuk meminimalisir biaya pengadaan webcam itu kurang lebih empat ruangan saja yang akan mereka pakai,” ucapnya.
Ada beberapa rekomendasi yang diberikan tim rombongan dari Kanreg BKN IX Jayapura dalam pelaksanaan ujian CAT tetap di Kabupaten Jayapura.
“Mereka merekomendasikan kalau memang pelaksanaan ujian CAT ini tetap bisa dilakukan di lokasi SMK Negeri 1 Sentani, itu membutuhkan webcam sebanyak 75 unit dan harus dilengkapi dengan kamera pengintai atau cctv di ruangan bagian bawah maupun di ruangan bagian atas (lantai dua),” imbuh mantan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura ini.
Pada saat pelaksanaannya nanti, dari pihak BKN itu bisa mengikuti atau memantau langsung pelaksanaan ujian CAT itu dari internet.

“Bahwa, pelaksanaan itu bisa berjalan dengan lancar dan jujur itu berdasarkan apa yang telah kami pasang, baik itu cctv-nya di setiap ruangan maupun webcam sudah terpasang di setiap komputer. Ketika peserta ujian CAT atau tenaga honorer ini datang di ruang pendaftaran itu sudah langsung dimonitor peserta yang bersangkutan, lalu mengisi absen dan menuju ke komputer. Lalu dari tim BKN akan memantau langsung, guna memastikan peserta yang sudah isi absen itu juga yang ada dalam ruangan untuk mengikuti tes CAT,” pungkasnya. (Imel)

banner 325x300