Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Ini Harapan Triwarno Purnomo, Kepada Ketua dan Wakil Ketua BAZNAS Kabupaten Jayapura Periode 2023-2028

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., ketika melantik dua dari tiga komisioner BAZNAS Kabupaten Jayapura periode 2023-2028, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Kamis, 20 April 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., melantik Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jayapura periode 2023-2028.

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengucapkan selamat kepada ketua dan wakil ketua BAZNAS. “Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada para komisioner BAZNAS yang telah dilantik pada hari ini, seraya menitipkan harapan kiranya kepada komisioner BAZNAS Kabupaten Jayapura,” ucap Triwarno Purnomo dalam sambutannya, Kamis 20 April 2023 di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura.

banner 325x300

Kata Triwarno, BAZNAS adalah  salah satu lembaga yang menjadi aset umat Islam dan sudah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan oleh pemerintah. Badan Amil Zakat Nasional merupakan badan resmi yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan keputusan presiden RI yang memiliki tugas dan fungsi untuk menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Triwarno meminta kepada para komisioner BAZNAS Kabupaten Jayapura yang baru dilantik dapat memberikan inovasi dan kiprah melalui pengelolaan zakat, infaq dan sedekah, untuk kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat.
“Hal ini dapat diartikan bahwa pengelolaan ZIS memiliki cakupan sesuai Undang-Undang yaitu, dalam perencanaan, pengumpulan, pendistribusian, pendayagunaan dan pelaporan. Jadi, ini yang harus dilakukan sebagai bukti pengelolaan ZIS yang amanah, transparan dan profesional.

” Sehingga diharapkan nantinya pengelolaan ZIS dapat berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dan umat beragama, baik yang beragama Muslim maupun lintas agama yang ada di Papua khususnya Kabupaten Jayapura,” ujarnya.
Atas nama Pemerintah Daerah, Triwarno Purnomo menyambut baik dan mendukung sepenuhnya BAZNAS Kabupaten Jayapura melalui ketua dan wakil ketua BAZNAS yang baru dilantik dalam mengelola ZIS dengan baik dan benar, sehingga dapat menjalankan program yang telah ditentukan, serta dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang kurang mampu sehingga lebih dapat berdaya,” ucapnya.

“Jika melihat kinerja BAZNAS Kabupaten Jayapura masa bhakti sebelumnya sudah cukup baik dan ibu menjadi penilaian tersendiri, serta nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah daerah untuk dapat meningkatkan dukungan kepada BAZNAS Kabupaten Jayapura demi optimalisasi kiprah BAZNAS di daerah ini,” harap Triwarno Purnomo menambahkan.

Untuk itu, Pj Bupati meminta kepada komisioner BAZNAS Kabupaten Jayapura yang baru dapat menyusun program-program yang strategis dan dinamis dengan berpedoman pada Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, pedoman syariah dan peraturan perundang-undangan lainnya yang berhubungan dengan kerja BAZNAS”, pintanya.
“Saya juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Muslim di tanah Papua khususnya di Kabupaten Jayapura, baik MUI, Ormas, perguruan tinggi maupun elemen lainnya untuk senantiasa mendukung dan mensupport program yang telah dilakukan oleh BAZNAS di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dakwah dan sosial dengan cara membayar zakat, infaq dan sedekah melalui BAZNAS Kabupaten Jayapura maupun di kabupaten/kota sebagai lembaga resmi pemerintah, guna memastikan pengelolaan dana ZIS yang lebih baik,” pungkasnya. (Imel)

banner 325x300