banner 728x250banner 728x250



banner 728x250

Berita  

Ini Alasan Kemenkominfo Pilih Kabupaten Jayapura Sebagai Smart City dan Quick Win Program Unggulan

Staf Ahli Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Acuviarta Kartabi Bersama Dengan Penjabat (PJ) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, di Hotel Suni Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, (07/08/2023).
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahapua.com – Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap II Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Jayapura di buka secara langsung oleh Penjabat (PJ) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Hotel Suni Sentan, Kabupaten Jayapura, Senin,(0 7/08/2023).

Kementerian Kominfo mengucapkan terimakasih serta sangat senang bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dalam rangka melaksanakan bimbingan teknis Smart City dengan tujuan untuk mempercepat proses pembangunan yang akan kita lakukan dalam jangka pendek tahun 2024, menengah dan jangka panjang, hal itu di sampaikan Staf Ahli Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Acuviarta Kartabi saat di wawancara.

banner 325x300

“Tahun depan, kita akan memasuki tahun Politik  dan kita harus focus pada program- program yang berkualitas sesuai dengan arahan PJ Bupati Jayapura, kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memilih program-program yang berkualitas, punya daya ungkit dan multi player ekonomi terkait dengan pengembangan aktifitas-aktifitas masyarakat di kabupaten jayapura, jelasnya.

Adapun elemen pembangunan smart city, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Enviroment.

“Pertama, pilar lingkungan yang Bapak Pj Bupati sudah sampaikan bagaimana kita harus merawat, kedua pilar society masyarakatnya bagaimana kehidupan masyarakat harus bersih, sehat dan aman, ketiga pilar ekonomi, keempat ada pilar governance tata kelola pemerintahan, yang terus kita akan perbaiki dan termasuk juga yang sudah disampaikan terkait SPBE dan pilar kelima itu berkaitan dengan kehidupan masyarakat atau smart living,” katanya.

“Dari Kementerian Kominfo kami ucapkan terima kasih atas dukungan yang maksimal, terutama juga dari pak Pj Bupati dan Kadis Kominfo, serta seluruh pimpinan OPD. Kita akan menggali seluruh program dan kegiatan yang ada di seluruh OPD yang sudah tertuang di dalam dokumen perencanaan untuk jangka panjang, 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun kedepan. Sehingga kita bisa menampilkan hasil-hasil pembangunan, yang  jauh lebih baik, jauh lebih berkualitas dan juga jauh lebih mantap,” Ucapnya.

Tidak hanya sampai disitu, yang lebih hebat lagi, hanya dua kabupaten saja yang dipilih dalam program Smart City yaitu, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Boven Digoel.

Kabupaten itu menjadi pilihan, karena kabupaten Jayapura kami anggap sebagai percontohan atau leader untuk kawasan Papua. Kemudian kabupaten kedua yang kami ambil jadikan percontohan untuk provinsi pemekaran baru, yaitu Kabupaten Boven Digoel di Provinsi Papua Selatan. Jadi, kalau untuk Kabupaten Jayapura ini lebih kepada develop pengembangan, sedangkan Kabupaten Boven Digoel itu lebih kepada membangun pondasi-pondasi,” ungkapnya.

Hal Senada juga disampaikan Penjabat (PJ) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, dengan dilakukannya bimtek ini.

“Ini sangat penting untuk layanan di Pemerintahan berbasis elektronik di kabupaten jayapura yang mendapat apresiasi dan kepercayaan dari Kemenkominfo sesuai dengan Asesment sistem pemerintahan berbasis elektronik yang dilaksanakan.

“Sesuai dengan data yang diterima, tahun 2021 indeks kita menerima 1,47, di tahun 2022 naik menjadi 2,61 itu predikat baik, sehingga Pemkab Jayapura terpilih untuk mengikutin Implementasi gerakan  smart city, yang rangkaiannya pada hari ini kita lakukan,”jelasnya.

Harapan kami dari pemerintah kabupaten jayapura yang merupakan kabupaten induk, kota sentani yang merupakan kota tertua, semakin hari semakin menunjukkan ciri ciri layanan perkotaan yang kuat, ucapnya.

“Kami harapkan seluruh peserta bimtek bertambah wawasan  yang luas, mempunyai Kesamaan pandangan, Mampu menciptakan terobosan-terobosan strategi, Akselerasi, Transformasi, Layanan perkotaan.

“Mari kita jawab persoalan yang ada di kabupaten jayapura, khusunya di kota sentani pada program Smart City,”tutupnya.  (Imel)

banner 325x300