Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Hari Bhayangkara ke 77, Puluhan Peserta Meriahkan Lomba Dayung Perahu Tradisional

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, bersama Ketua Podsi Kab. Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, Foto Bersama pemenang Lomba Dayung Perahu Tradisional, di Jembatan Kuning Kampung Ifar Besar Sentani Kab. Jayapura. Sabtu, 24/06 Pagi.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com-Polres Jayapura – Lomba dayung perahu tradisional yang berlangsung di Jembatan Kuning Kampung Ifar Besar Sentani Kab. Jayapura. Sabtu, 24/06 pagi.

Dibuka langsung Ketua Podsi (persatuan olahraga dayung seluruh Indonesia) Kab. Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., MKp didampingi Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH lomba dayung perahu tradisional yang diselenggarakan Polres Jayapura dalam menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 77, yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah dengan diikuti 36 peserta yang terdiri dari 18 beregu putra dan 18 beregru putri.

banner 325x300

Ketua Podsi Kab. Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., MKp dalam wawancaranya usai melepas peserta lomba mengatakan lomba dayung tradisional ini melihat dari kebiasan masyarakatnya, “ini kolaborasi Polres dengan Podsi dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 77, kita mencari bibit baru dalam olahraga ini, jika ada yang tangkas akan dilatih di 3 sanggar kita yang ada di Melai, Nendali dan Putali, antusiasme masyarakat sangat bagus dibanding Tahun lalu di lomba yang sama, tentunya diharapkan dari kegiatan ini ada 1 atau 2 orang yang kita ambil untuk dilatih dan mengikuti lomba-lomba ditingkat nasional,” Tutupnya.

Sementara Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH di tempat perlombaan dalam wawancaranya mengatakan lomba yang diselenggarakannya dalam rangka Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 77 “ini lomba dayung tradisional yang ke 2 dimana tahun lalu kita melaksanakan lomba yang sama, jadi tahun ini kita melaksanakan sesuai dengan kebiasaan atau adat yang ada di danau sentani, kemarin kita campur putra putri tapi sekarang sudah dipisahkan mana kelompok putra mana kelompok putri, tentunya lomba ini untuk mengangkat nilai – nilai budaya yang memang sudah tertinggal oleh generasi sehingga dengan lomba ini atau event ini satu sisi untuk mengingatkan kembali tentang tradisi masyarakat di danau sentani sendiri dan juga untuk menggali potensi dalam rangka mencari bibit – bibit atlet dayung Kab. Jayapura,”

Kapolres juga menjelaskan selain dayung dalam menyambut hari Bhayangkara ke 77 kali ini pihaknya juga menyelenggarakan berbagai kegiatan “jadi ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan kemarin ada bakti sosial dan bakti kesehatan di Kampung Bengguin Progo Distrik Kemtuk, hari ini kita laksanakan lomba dayung, kemarin hari Selasa kita melaksanakan anjangsana, Jumat minggu lalu kita melaksanakan olahraga bersama, hari senin sampe dengan rabu kita laksanakan Festival Colo Sagu, diselasanya juga kita melaksanakan ziarah makam pahlawan, terkait Colo Sagu untuk mengangkat potensi – potensi atau kearifan lokal yang harus kita kembangkan dalam rangka ketahanan pangan khususnya komoditi sagu di Kab. Jayapura,” tutupnya.

Sudah tidak muda lagi namun semangatnya terbukti Mama Bastia Nakabey 39 dan Mama Elsi Yom 38 Tahun, mengalahkan para peserta lomba lain yang terlihat masih lebih muda dan berhasil menjuarai lomba beregru putri berharap lomba seperti ini untuk terus diadakan “mama senang saja, sebelum bertanding tadi kita satu hati berdoa agar dapat kekuatan dari Tuhan, sehingga dengan semangat itu kami dayung, tidak sia – sia hari ini kita ikut lomba, kita rasa suka cita sekali senang semangat,” ungkapnya usai penyerahan hadiah.(Hms/Polres Jayapura)

banner 325x300