Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3/ 3

Gunakan Dana Otsus, Disnakertrans Lakukan Pelatihan Tata Rias Pengantin Bagi 20 Perempuan OAP

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) melakukan pelatihan tata rias pengantin yang diikuti 20 perempuan orang asli Papua (OAP) dari 4 Distrik yaitu, Distrik Sentani Timur, Ebungfauw, Waibhu dan Sentani Barat.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Hana S Hikoyabi dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini sangat baik.
“Ini baru pertama di Kabupaten Jayapura melakukan pelatihan tata rias pengantin kepada perempuan OAP dan untuk perempuan OAP,” ujarnya.

banner 325x300

Sekda Hana mengungkapkan setelah pelatihan ini diminta kepada perempuan asli Papua untuk terus mengembangkannya sebab ini bermanfaat untuk menambah keterampilan dan pengetahuan walaupun sudah ada keterampilan dasar untuk menata wajah, tata rias pengantin serta menata rambut yang sudah dimiliki.

“ Tidak dapat  dipungkiri di Kabupaten Jayapura sudah banyak ditemui salon-salon umum tetapi salon khusus perlu didukung untuk perempuan OAP yang ada di kampung dan distrik sehingga mereka bisa mengembangkannya menjadi keterampilan usaha baru ditempat tinggal mereka masing-masing ,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas tenaga kerja dan transmigrasi,(Disnakertrans) Kabupaten Jayapura, Essau Awoitauw menyampaikan, Terselenggaranya pelatihan ini menggunakan dana Otsus sekitar Rp 400 juta. Ini kegiatan pertama yang bersumber dari dana Otsus.

“ Pelatihan tata rias pengantin yang diikuti 20 perempuan orang asli Papua sangat baik dan belum pernah ada di Kabupaten Jayapura. Makanya, kita insiatif untuk menggelar pelatihan ini sebab ini yang pertama ,” jelasnya.

Untuk pelatihan ini, di dibagi didalam dua bagian yakni, pertama tata rias wajah dan kedua pelatihan rambut. Tentunya bekerjasama dengan salon yang ternama, yaitu Widi Salon dengan peralatan tata rias yang baik.

“ Peserta yang mengikuti merupakan perempuan asli Papua yang memang menggeluti pekerjaan salon rumahan sebab dana yang digunakan bersumber dari dana Otsus.
Kita membina mereka agar memiliki keahlian lebih maka itu diharapkan kegiatan ini diikuti dengan serius mengingat waktu pelaksanaan sekitar 5 hari,” pungkasnya. (Imel)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *