banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Berita  

FDS XIII Menjadi Ajang Promosi Briket Dari Limbah Sagu, Kata Esli: PJ Bupati Jayapura Akan Dukung

Kepala Distrik Sentani Timur Esli Suangburaro, Saat Sosialisasi Proses Pembuatan Sampai Pencetakan Briket Dari Limbah Sagu Kepada Pengunjung FDS XIII, Jumat (07/07/2023).

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com-Ada yang menarik pada Festival Danau Sentani (FDS) XIII tahun 2023, diamana Distrik Sentani Timur pamerkan Briket yang berbahan dari limbah sagu sebagai pengganti minyak tanah dan gas, hal tersebut di sampaikan Kepala Distrik Sentani Timur Esli Suangburaro saat sedang menjelaskan kepada pengunjung yang melihat manfaat dari Briket di hari ketiga FDS XIII, Jumat (07/07/2023).

Esli menjelaskan Briket yang mereka buat, tak lepas dari orang yang sangat luar biasa, dimana distrik sentani timur berkolaborasi dengan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat USTJ Jayapura, Dr. Ir. Jusuf Haurissa, M.
“Kami saat bersyukur di FDS ini bisa menampilkan penemuan yang luar biasa yang bekerja sama dengan USTJ, bisa membuat briket dari limbah sagu, dan sangat cocok dengan Tema FDS XIII (Sagu Adalah Hidup Kita).Bukan hanya mengambil sagunya, tetapi limbahnyapun bisa menjadi suatu yang bermanfaat, ucapnya.

banner 325x300

Briket ini dapat di gunakan sebagai pengganti minyak tanah dan Gas. “Briket ini dapat membantu masyarakat untuk memasak, yang panasnya lebih cepat dari kompor minyak tanah yang biasa kita pakai.

Tak hanya itu, Esli juga sudah menyampaikan kepada PJ Bupati Jayapura, agar briket ini mendapat perhatian dari Pemkab.Jayapura, karena belum memiliki tempat pengolahan  briket yang permanen, dan hal itu di respon baik oleh PJ Triwarno,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat USTJ Jayapura, Jusuf Haurissa mengatakan, Briket yang kami buat bersama Distrik masyarakat Distrik Sentani timur karena adanya komitmen dan kerjasama, sehingga briket ini bisa menjadi suatu hal yang positif dan membantu masyarakat pengganti bahan bakar.

“Untuk kualitas dari briket itu sendiri jangan diragukan panasnnya, karena briket tersebut dapat di gunakan dalam banyak hal, seperti menggoreng ikan, masak ikan kuah kuning, sate, kue dan lainnya.

Saat di tanya tentang harga, Jusuf Haurissa menjelaskan, belum memiliki harga pasti, karen ini masih tahap uji coba, dan di FDS ini perdana kami promosikan kepada masyarakat.

Antusias masyarakat sangat tinggi untuk mengetahui manfaat dari penggunaan briket, apalagi di FDS ini kami langsung memberi contoh penggunaan briket aman di gunakan memasak dan waktunya lebih cepat, sehingga hemat waktu,” tutupnya. (Imel)

banner 325x300