Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Angkat Pangan Lokal Sagu, Kapolres Jayapura Ajak Makan Sagu Bersama

PJ Bupati Jayapura, Kapolres Jayapura, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Saat Colo Sagu.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Dikemas dalam kegiatan Colo Sagu, guna membangkitkan pangan lokal kegiatan yang juga dilaksanakan dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, Polres Jayapura bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura dan para tamu undangan makan sagu bersama, kegiatan ini berlangsung di Jalan Bandara Sentani, Jumat (26/05/2023)

Stand atau lapak – lapak dengan berbagai makanan yang terbuat dari bahan pokok sagu telah disiapkan mama – mama, kegiatan yang diharapkan dapat membangun dan meningkatkan perekonomian serta sebagai wadah komunikasi guna mempererat tali persaudaraan antara masyarakat, Kepolisian, Pemerintah Daerah, Ondoafi dan para tokoh di Kota maupun Kab. Jayapura.

banner 325x300

Dihadiri Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH, PJ. Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S. STP., M. Si, Mantan Walikota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tommy Mano, SH, Mantan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE.,M.SI, anggota MRP Pogja Agama Dorlince Mehue, Sekda Kab. Jayapura, Hana S. Hikoyabi, S. Pd.,M. Kp, Ondofolo Doyo Lama, Orgenes Kaway, Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay, Ondofolo Kampung Sosiri, Boas Assa Enok, Ondoafi Kampung Puay Yakob Febitauw, Tokoh Masyarakat, dr. Manangsang Wally, Ketua Lapago Kab. Jayapura, Nius Jikwa dan para perwakilan atau sponsor kegiatan serta tamu undangan kurang lebih 350 orang.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH dalam wawancaranya bersama awak media mengatakan colo sagu sebagai sarana wadah untuk berkumpul berkomunikasi dan berdialog, “coba kita angkat dulu sagu ini sebagai pangan lokal yang perlu kita lestarikan dan berdayakan, di Sentani sendiri ada beberapa macam makanan yang terbuat dari bahan sagu, tiap daerah berbeda – beda, tentunya ini sebuah kekayaan yang harus kita angkat dan kita lestarikan, dengan kondisi ini kita kemas dengan colo sagu, bagaimana menghidupkan kembali UMKM atau mama – mama ini, dalam waktu dekat terkait hari sagu kita rencanakan ada sebuah kegiatan menyambut hari sagu itu, kita evaluasi kegiatan ini tinggal tunggu programnya dan kegiatannya tentunya pasti tentang sagu,” katanya.

Sementar PJ Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S. STP., M. Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan yang diprakarsai Kapolres Jayapura memberikan aspirasi agar pemerintah daerah yang dipimpinnya bisa membangkitkan pangan lokal “kegiatan ini memberikan aspirasi buat saya untuk membangkitkan pangan lokal, jadi bukan hari ini saja namun saya anjurkan kepada seluruh OPD Kabupaten Jayapura bahwa mulai hari Senin semua pimpinan OPD apel pagi melaksanakan Colo Sagu, sehingga pangan lokal sagu di Papua semakin dikenal juga bukan hanya di Papua tapi di luar Papua, budayakan ekonomi lokal sehingga ekonomi lokal juga berpenghasilan yang membuat daya beli masyarakat sebagai  indikator dalam pertumbuhan konsumsi masyarakat dan Kab. Jayapura mempunyai potensi yang luar biasa,” pungkasnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pembukaan acara secara simbolis oleh Pj. Bupati Jayapura dan colo sagu bersama seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara yang sangat inovatif itu. Untuk memeriahkan acara juga dari panitia dan sponsor mengadakan doorprize dengan hadiah – hadiah yang sangat menarik seperti tiket pesawat PP, mesin cuci, voucher makan, dan masih banyak hadiah menarik lainnya. (Imel)

banner 325x300