banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Berita  

Tingkatkan Ekspor Ikan tangkap dan ikan air tawar, ini yang harus di siapkan

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura, Ir. Rudi Afdiner Saragih.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura untuk tahun 2023 akan melakukan kegiatan rutin, seperti kegiatan reguler dengan memberikan bantuan sarana produksi air tawar, berupa benih ikan, pakan, waring yang terdiri dari 80 kelompok.

Sedangkan untuk perikanan laut memberikan bantuan berupa sarana penangkapan berupa kapal, motor tempel, hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabupaten Jayapura Rudy Saragih saat di wawancara di ruang kerjanya pada senin 30 januari 2023 di ruang kerjanya.

banner 325x300

Rudy menjelaskan untuk mendukung hal itu dilakukan pelatihan pengolahan kepada kelompok baik itu nelayan tangkap dan nelayan budidaya dengan dana yang di berikan.

Lalu mengusulkan bantuan kepada pemerintah pusat dalam peningkatan ekspor ikan di papua, karena DKP <span;> punya buyer dalam rangka penampungan dan pembelian ikan-ikan Papua. Dari APBN,  DKP sudah mengusulan dalam mendukung ekspor ikan, kulstor portabel, untuk mendukung ekspor ikan.

Saat di tanya tentag hambatan dalam melakukan ekpor ikan, yaitu tol laut yang belum berjalan dengan baik, yang berdampak ekspor ikan Papua dapat belum maksimal.

“Ikan di papua melimpah, tetapi ekspor ini belum maksimal, padahal dari nelayan siap memenuhi permintaan ekspor,”Pungkasnya.

banner 325x300