Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3/ 3

Tak Dapat Dukungan Pemerintah, PJ Triwarno Ajak ORPA Gabung GOW

Koordinator Organisasi Perempuan Adat (ORPA) DAS Namblong, Bidang Pendidikan, Regina Bay.
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Dukungan Dewan Adat Suku (DAS) Namblong dan Samdhana Institute, bawa perubahan bagi Organisasi Perempuan Adat (ORPA) DAS Namblong, Distrik Nimbokrang.
Membuat kerajinan noken berbahan dari kulit kayu melinjo dan mahkota dewa, yang diambil langsung dari alam.

Koordinator Organisasi Perempuan Adat Bidang Pendidikan, Regina Bay menjelaskan, adanya DAS Namblong membawa kebangkitan besar bagi kami perempuan adat , karena di DAS ada bagian perempuan.
“Dulu perempuan tidak bisa berdiri didepan, sekarang di bawa DAS kami bisa berkarya dengan membuat hasil kerajinan noken yang meningkatkan penghasilan bagi perempuan namblong,” jelasnya.

banner 325x300

Adanya dukungan yang di berikan DAS dan Samdhana Institute, bahan membuat Noken yang di rajut, tidak dari hutan saja, melainkan Samdhana membantu orpa menanam pohon melinjo dan mahkota dewa, dengan mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif.

Kata Regina, mereka tidak khawatir noken yang mereka buat tidak laku, sebab 2 minggu sekali, pengepul datang membeli noken kami dan langsung di bayar, ucapnya.

Orpa sampai saat ini tidak pernah mendapat dukungan dari Pemerintah baik di tingkat Distrik dan Kampung.
Mereka bisa menoken sampai sekarang ini, karena bantuan dari DAS dan Samdhana Institute.

Regina Berharap, Pemerintah dapat mendukung ORPA, untuk bangkit, maju dalam merajut noken.
Tidak hanya itu, Ia juga mengucapkan terimakasih kepada DAS Namblong dan Samdhana yang sudah melatih kami sampai bisa seperti sekarang ini.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, saat di konfirmasi tidak ada dukungan dari Pemerintah terhadap Organisasi Perempuan Adat, mengatakan bagi organisasi perempuan yang melaksanakan kegiatan produktif, membangun komunitas masyarakat, pasti menjadi perhatian pemerintah dan memberikan dukungan kepada organisasi perempuan baik itu di tingkat kabupaten, distrik, dan kampung.

Kata PJ Bupati Triwarno Agar lebih terarah, organisasi perempuan, bisa masuk dalam wadah organisasi gerakan wanita (GOW).
Kehadiran GOW di kabupaten jayapura, sebagai wadah bagi semua organisasi perempuan, sehingga kita mengetahui legalitas organisasi,”jelasnya.
“Pengurus GOW, kami sudah melakukan pertemuan, dan mereka juga mau organisasi perempuan bergabung (masuk) di GOW,” sambungnya.
PJ Triwarno mengajak seluruh organisasi perempuan untuk bergabung dalam wadah GOW, agar bantuan dari pemerintah kepada organisasi wanita dapat diterima dan diakomodir dengan baik,”tutupnya. (Imel)

banner 325x300