Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Selama Ramadhan, Angka Kecelakaan Menurun Drastis di Kota Sentani

Kasat Lantas Polres Jayapura Iptu Baharuddin Buton, S.H.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Selama bulan Ramadhan tahun 2023, angka kecelakaan lalulintas dengan korban tewas menurun, berdasar data dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jayapura.
Kasat Lantas Polres Jayapura Iptu Baharuddin Buton, S.H., saat di wawancara rabu 19 april 2023 di sentani.

Turunnya angka kecelakaan lalulintas itu sejak awal bulan Maret 2023. Ini kasusnya menurun sebelum memasuki Ramadhan, dibandingkan di bulan Ramadhan tahun.
“Perkiraan turunnya angka kecelakaan itu sekitar 20 persen sampai 30 persen.

banner 325x300

Faktor turunnya angka kecelakaan, jelas Bahar karena masyarakat juga sudah memahami dan mentaati kelengkapan saat mengendarai kendaraan bermotor dengan baik dan benar, kemudian adanya sosialisasi keselamatan berlalulintas yang dilakukan setiap hari oleh anggota Satlantas Polres Jayapura serta adanya pengamanan yang dilakukan setiap hari oleh anggota di lapangan.

“Hal itu juga yang sangat mempengaruhi terjadinya penurunan angka kecelakaan lalulintas di jalan raya.
Bahar mengungkapkan, selama operasi Ramadhan diberlakukan dan operasi Ketupat yang juga telah mulai diberlakukan sejak Selasa, 18 April 2023 kemarin, diharapkan kecelakaan lalulintas hingga meninggal dunia tidak bertambah.

“Indeks keselamatan lalulintas jalan di Kabupaten Jayapura khususnya Kota Sentani itu dihitung juga dari jumlah orang yang meninggal dunia di jalan raya. Jadi, tidak boleh di anggap biasa-biasa saja,” ujarnya.

Saat operasi Ketupat nanti, Satlantas Polres Jayapura mempunyai target untuk menurunkan tren kecelakaan hingga meninggal dengan cara memperbanyak kegiatan kepolisian lalu lintas.
Lebih lanjut Iptu Bahar menambahkan, nantinya operasi Ketupat tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kita pos pelayanan terpadu yang dipusatkan di Bandara Sentani dan empat pos pengamanan yang tersebar di beberapa titik yakni, pos pengamanan Hawaii, pos pengamanan Victory, pos pengamanan Borobudur dan pos pengamanan di pasar baru,” pungkas mantan Kanit Regident Satlantas Polres Jayapura ini. (Imel)

banner 325x300