Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Safari Ramadhan di 8 Masjid dan Pondok Pesantren, Ini Yang Diharapkan Sekda Hana  

Dr. Hana S Hikoyabi

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura melakukan Safari Ramadhan 1445 H tahun 2024 di Dua Masjid yang ada di wilayah Doyo Baru, Distrik Waibhu yaitu masjid Darul Ulum dan Masjid Asbabul Jannah BTN Kolam.

Safari ramadhan yang dilakukan Pemkab Jayapura di dua Masjid yang disatukan, hal itu di sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S Hikoyabi saat di wawancara usai melakukan safari ramadhan, Jumat 29/03/2024.

banner 325x300

” Jadi ini ada dua Masjid yang di satukan untuk buka puasa bersama di masjid Darul Ulum Doyo Baru dan Masjid Asbabul Janaah BTN Kolam.

Sekda Hana menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa yang khusyuk supaya mendapatkan berkah dari Allah. Dibulan yang suci ini juga kiranya dapat mempererat tali persaudaraan kerukunan antar umat beragama agar dapat terjaga di kabupaten Jayapura.

“Kita ketahui kabupaten Jayapura sebagai Zona Integritas kerukunan antar umat beragama. Hal ini harus di jaga terus,”ujarnya.

Dibulan yang baik ini penting untuk kita menjaga toleransi antar umat beragama baik itu bagi agama Islam, Kristen, Hindu, Budha dan lainnya.

Safari Ramadhan yang dilakukan Sekda Hana, ada beberapa Masjid yang memberikan permohonan kepada Pemkab Jayapura dan setiap permohonan itu kita akan lihat kemampuan dari Pemkab seperti apa.

Daripada safari ramadhan yang dilakukan Sekdan Hana mendapat hak yang positif dari umat Islam, bagaimana mereka dari anak kecil sampai orang tua mampu menahan haus, lapar, marah dan menjaga hati mereka.

Hal yang positif ini perlu juga menjadi contoh untuk kita pedomani dalam hidup.

Setiap melakukan Safari Ramadhan, Sekda Hana selalu memberikan santunan kepada kepada belasan anak Yatim Piatu, dan Kaum Duafa.

Sekda Hana berharap santunan yang diberikan ini, memberi dapat di gunakan dengan baik untuk ibadah puasanya,” Ungkapnya.

Penceramah pada safari ramadhan, Abuyah Muhammad Aminsyah yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Almubarak Nagroe Aceh Darussalam menyampaikan apresiasi yang tiinggi kepada Sekdan Hana yang mau membantu umat Islam dalam pembangunan masjid yang ada di kabupaten jayapura.

“Meski kita berbeda keyakinan, tetapi toleransi di Papua sangat luar biasa, dimana Pemkab Jayapura yang diwakili Sekda Hana mau memperhatikan umat Islam.

Kami sebagai umat Islam saja belum tentu mau memberikan dari apa yang kami punya, tetapi Sekda Hana dalam kunjungannya selalu memperhatikan anak yatim piatu dan kaum duafa denganeberikan santunan.

“Melihat ini saya juga termotivasi dan belajar bahwa perbedaan itu tidak menjadi penghalang bagi kita untuk berbagi kasih,”ucapnya.

Abuyah Muhammad berharap Sekda Hana tetap diberikan kesehatan, terlebih tugasnya sebagai Sekretaris Daerah di Pemkab Jayapura.

Ia juga mengajak umat Islam yang ada di kabupaten Jayapura untuk selalu mendukung apa yang menjadi program pemerintah,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Jayapura Dr. Tri Mulyadi menyampaikan, kehadiran BWI sebagai jembatan bagi Pemkab Jayapura dalam hal ini Sekda Hana.

Program bulan suci ramadhan ini, menjadikan umat Islam yang melakukan ibadahnya dengan sungguh-sungguh.

“Safari Ramadhan yang di lakukan Sekda Hana di beberapa masjid dan Pondok pesantren sampai saat ini sekitar 3000 umat Islam hadir,”jelasnya.

Tri Mulyadi berharap tahun berikutnya Pemkab Jayapura bersama BWI tetap selalu memberikan dukungan kepada umat Islam,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300