Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Pj Bupati Jayapura Pimpin Apel Sidak TPID untuk Tekan Inflasi Daerah

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., ketika memimpin Apel TPID Kabupaten Jayapura, Selasa, 7 Maret 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., memimpin Apel Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jayapura, yang berlangsung di Halaman Parkir Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa, 7 Maret 2023.
Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan apel dilakukan untuk memantau harga di pasar dalam rangka pengendalian inflasi daerah di Kabupaten Jayapura.

“Seperti yang saya sampaikan dalam arahan saat apel tadi, bahwa saat ini situasi dan kondisi di Kabupaten Jayapura, kita semua tahu bahwa relatif masih stabil. Namun, apa yang menjadi progran prioritas nasional itu juga menjadi program prioritas kita di daerah,” kata Bupati Jayapura ketika dikonfirmasi wartawan usai pelaksanaan Apel TPID, Selasa, 7 Maret 2023.

banner 325x300

Pj Bupati Jayapura menambahkan, bahwa pihaknya sangat memahami saat ini situasi global sangat mempengaruhi. “Walaupun saat ini kita situasinya masih terkendali. Namun tetap kita waspada dan kita tetap menjaga, serta mengambil langkah-langkah untuk bisa mengantisipasi atau tetap menjaga situasi ketahanan pangan yang ada saat ini agar harga jual dan daya beli masyarakat tetap terjaga,” bebernya.

“Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kenaikan harga komoditas di pasar. Ada bahan-bahan komoditas yang memang harganya sudah diatur, dan ada bahan-bahan komoditas yang harganya mengikuti perkembangan pasar.

“Kegiatan hari ini tujuannya agar kita melihat apa yang terjadi di pasaran. Kalau memang kondisinya komoditas itu berkurang jumlahnya atau mengalami kelangkaan, itu kita harus tahu penyebabnya untuk kita bisa lakukan intervensi, apakah kita perlu untuk mendekatkan jalur distribusi barang atau berbicara intervensi kita untuk mempermudah jalur distribusi dari daerah-daerah penghasil yang ada disekeliling Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Operasi sidak dilakukan untuk pengecekan harga. Selain itu, juga dilakukan pengecekan kualitas barang-barang yang ada di pasar, sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di Kota Sentani dan sekitarnya.
“Untuk stoknya itu sebenarnya masih ada, tapi ditahan untuk memainkan harga di pasaran. Ini yang kita selalu untuk siap mulai hari ini melakukan operasi-operasi pasar, sehingga kita bisa memastikan bahw masyarakat bisa membeli dengan harga-harga yang standar,” pungkas. (Redaksi)

banner 325x300