Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Pesan Tegas Pangdam XXVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan di HUT Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2023

Pangdam XXVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan sebagai Inspektur pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2023, di Lapangan Rugby Lanud Silas Papare Jayapura, Kamis (5/10/2023).
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura,jelajahpapua.com – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2023, TNI Patriot NKRI yang dilaksanakan di Lapangan Rugby Lanud Silas Papare, Kabupaten Jayapura, Kamis (5/10/2023).
Sebagai Inspektur upacara Pangdam XXVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan dalam upacara tersebut selain membacakan amanat Panglima TNI, Pangdam juga mengatakan, momentum ulang tahun Ke-78 TNI harus dijadikan sebagai bahan Instrospeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh.

banner 325x300

Peringatan hari ulang tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini mengusung tema TNI Patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia maju yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat Mandiri maju dan sejahtera.
TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman damai dan sejuk.
Harapan kami melalui HUT TNI di Tanah Papua, dimana tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu serentak, maka TNI dan Polri siap bersinergi untuk mengamankan suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 di Tanah Papua,”ucapnya.

“Kehadiran TNI terus memberikan arahan untuk seluruh prajurit di lapangan tidak boleh ada prajurit kita terlibat dalam kegiatan politik praktis kita harus netral,” tegasnya.

Selain itu, Momen HUT TNI Ke-78 diharapkan jangan ada korban jiwa di Tanah Papua baik pihak TNI, Polri dan masyarakat. TNI mampu menjaga perdamaian di Tanah Papua.

Sementara itu, Melalui HUT TNI Ke-78 Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, juga menekankan sinergitas antara Polri dan TNI harus dilakukan demi menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

” Selamat HUT Ke-78 teman teman TNI mereka luar biasa menjaga NKRI.
Sebagai Kapolda Papua sangat berterimakasih, kami akan terus menjaga sinergitas dan kebersamaan, ketentraman ini sangat penting bagi kami karena TNI dan Polri sama- sama penting menjaga keamanan di NKRI,”jelasnya

Diakui, yang akan dilakukan TNI dan Polri di daerah konflik di Tanah Papua, dimana ada Polri di situ ada teman TNI, sehingga TNI dan Polri tidak akan pernah mundur sejengkal pun tidak akan pernah berhenti menjaga keamanan di Tanah Papua dimana daerah ada gangguan TNI Polri menentramkan dan kehadiran TNI Polri jangan dijadikan momok tapi kontribusi bagi masyarakat Tanah Papua dan menjaga kesinambungan pemerintah dalam pembangunan.
Dengan begitu apa yang dicita-citakan leluhur OAP untuk Papua menjadi tanah damai itu harus dijaga dan diupayakan bersama tidak hanya tugas TNI/Polri tapi semua yang ada di Tanah Papua.

“Harus ada kerinduan yang sama untuk mewujudkan Papua tanah damai jangan berpikir hanya TNI Polri saja bagian untuk membantu pemerintah semua masyarakat menjaga perdamaian,”ucapnya.

Turut Hadir Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI M.Dadan Gunawan serta pejabat utama dan Forkopimda.1

Selain melaksanakan upacara peringatan HUT Ke-78 TNI, dilakukan juga berbagai kegiatan dan atraksi antara lain defile, drum band merching band dari peserta didik SMAN 1 Sentani, atraksi oleh Persaudaraan Setia Hati Terate dan kegiatan syukuran pemotongan kue tart, pemberian penghargaan kepada prajurit dan pemberian sembako kepada masyarakat. (Imel)

banner 325x300