banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Pertama di Papua, Rumah Pengeringan Vanila Ada Di Kabupaten Jayapura

Sekda Kabupaten Jayapura Dr. Hana Hikoyabi, Lounching Rumah Pengeringan Vanila (Bumma Nambolong), Kamis (24/08/2023).
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com- Samdhana Institute bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura, Launching Bumma Namblong (Rumah Pengeringan Vanila) Distrik Nimbokrang, Kamis (24/08/2023).

Penjabat (PJ) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, melalui Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana Hikoyabi, mengapresiasi, dan memberikan penghargaan kepada Samdhana Institute dalam mendampingi masyarakat yang ada distrik nimbokrang.

banner 325x300

Kegiatan ini, membangkitkan ekonomi masyarakat adat namblong yang dilakukan mitra Bumma Namblong.
“Kami harapkan kabupaten jayapura akan banyak Bumma yang tumbuh karena memiliki potensi yang besar. Bukan hanya vanila, tetapi banyak komuditi yang dapat di kembangkan oleh masyarakat adat dengan kekayaan alam yang dimiliki di setiap wilayah,”jelasnya.

Sekda Hana menyampaikan, kehadiran rumah pengeringan vanila adalah kebangkitan besar bagi kabupaten jayapura, (seperti istilah ada raksasa yang tertidur) dan kita akan bangunkan hal ini.
Vanila memiliki potensi besar yang ada kabupaten jayapura, kita bisa bersaing di pasar ekspor internasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Piter Roki Aloisius, Koordinator SAMDHANA Institute mengatakan, Samdhana Institute merupakan Aktivis dan Praktis yang bekerjasama dengan masyarakat adat atau komunitas lokal.
Samdhana bermitra dengan Pemerintah, baik tingkat Pusat, Provinsi, Kota, Kabupaten, seperti Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA).

Bumma Namblong ( Rumah Pengeringan Valila). Untuk provinsi papua, pertama adanya rumah pengeringan vanila, di kabupaten jayapura,”jelasnya.

Dikabupaten jayapura ada beberapa hal yang dikelola Samdhana Institute, seperti Vanila, Kelapa, Perikanan, Peternakan.
“Mengapa kami memilih vanila, memiliki potensi yang baik. Pengembangan dilakukan agar pelaku bukan hanya sebagai penjual, tetapi bisa sebagai pembeli berdasarkan kualitas.

Samdhana juga mengajak masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur, menjadi lahan produktif dalam peningkatan perekonomian masyarakat.
Untuk harga vanila perkilonya Rp 4.00.000,00, dengan kualitas A (Bagus), “pungkasnya.

Piter Rock berharap ada yang audah dilakukan samdhana bersama pemerintah, membangkitakan perekonomian masyarakat adat dapat berjalan dengan baik, dan akan ada rumah pengeringan vanila lagi di kabupaten jayapura, dengan peluang yang sangat besar.
Mampu melakukan perawatan vanila dengan baik, agar hasil yang di hadilkan dengan kualitas A (super),” tutupnya. (Imel)

banner 325x300