Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Pertama di Papua, BNPT Resmikan warung NKRI dan Dialog Kebangsaan Cegah Paham Radikal dan Teroris

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT RI Nisan Setiadi, S.E., saat melakukan penandatanganan prasasti didampingi Tokoh Adat Papua asal Kabupaten Jayapura Yanto Khomlay Eluay, Tokoh Perempuan Papua Dorlince Mehue dan perwakilan tokoh agama, ketika menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Warung NKRI di Kawasan The Hele Yo Cafe, Kampung Sereh Tua, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 20 Maret 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Dr. Boy Rafli Amar, M.H., melalui Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT RI Nisan Setiadi, S.E., bersama dengan Tokoh Adat Papua Asal Kabupaten Jayapura Yanto Khomlay Eluay dan Tokoh Perempuan Papua Dorlince Mehue, melakukan peresmian Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI, di Kawasan The Hele Yo Cafe, Kampung Sereh Tua, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 20 Maret 2023.
Selain meresmikan Warung NKRI, BNPT RI juga melakukan Dialog Kebangsaan yang bertemakan, “Sinergi Bangun Masa Depan Indonesia Maju dan Harmoni”.

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT RI Nisan Setiadi, S.E., menuturkan, dengan hadirnya Warung NKRI diharapkan dapat menggugah semangat bela negara bagi masyarakat di Tanah Papua, khususnya Kabupaten Jayapura.
“Ini merupakan Warung NKRI ke-24 yang didirikan BNPT diseluruh Indonesia. Di Kabupaten Jayapura yang pertama hadir di tanah Papua,” kata Nisan Setiadi kepada sejumlah wartawan usai peresmian Warung NKRI, di Kampung Sereh Tua, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 20 Maret 2023.

banner 325x300

Menurut Nisan Setiadi, Warung NKRI bisa dijadikan tempat untuk mengadakan dialog kebangsaan dan juga mengedukasi masyarakat di Tanah Papua ini mengenai bahaya paham radikalisme dan terorisme.
“Warung NKRI ini merupakan salah satu anak program kontra radikalisasi. Dalam mewujudkan Warung NKRI, kami dari BNPT berkolaborasi dengan pihak pentahelix. Tidak hanya perguruan tinggi saja, tetapi juga dengan pemerintah, media massa, pelaku usaha dan sejumlah komunitas,” tambahnya.

Terkait dengan Dialog Kebangsaan yang dirangkai dengan peresmian Warung NKRI, kata Nisan, itu merupakan bagian dari program yang dijalankan oleh BNPT RI.

Dirinya juga menuturkan, dialog bernuansa kebangsaan tidak harus dalam situasi formal saja, tetapi juga bisa melalui obrolan santai.

“Untuk itu, kami berupaya meningkatkan pemahaman anak muda dalam menyikapi penetrasi budaya luar yang bukan bagian kepribadian bangsa Indonesia, khususnya nilai intoleransi, radikalisme dan terorisme,” jelas Nisan Setiadi.

“Kita tau Papua ini rentan terhadap konflik, sehingga dengan hadirnya Warung NKRI di Papua ini bisa memberikan wawasan dan juga pemahaman kepada masyarakat yang ada di daerah ini dalam menyikapi situasi. Baik itu, radikalisme dan terorisme yang berpotensi mengganggu situasi Kamtibmas,”ungkapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Tokoh Adat Papua Asal Kabupaten Jayapura, Yanto Khomlay Eluay mengucapkan terima kasih kepada pihak BNPT RI yang sudah punya gagasan untuk mendirikan Warung NKRI di Papua.

” Warung NKRI ini pertama kali hadir di Papua dan ini merupakan ke-24 yang ada di Indonesia. Tempat ini selanjutnya kita akan pergunakan sebaik mungkin untuk bisa hadirkan para tokoh-tokoh di Papua dan juga juga pemuda Papua, serta tokoh-tokoh perempuan, guna kita lakukan dialog bersama dalam membuka wawasan dalam menyikapi situasi di Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap pria yang juga Ondofolo Besar Sentani tersebut.

Ondofolo Kampung Sereh ini pun mengaku, status politik Papua di dalam NKRI sudah final. Sehingga tidak perlu lagi ada gerakan tambahan dalam menyikapi semua situasi yang terjadi saat ini di Papua.
Untuk itu, Ketua Umum Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua ini mengajak, kepada seluruh masyarakat di Papua untuk tetap menjaga keutuhan NKRI di tanah Papua agar tetap aman dan mendukung seluruh kebijakan pemerintah saat ini.

“Selaku tokoh adat Papua, saya sangat berterima kasih kepada pihak BNPT yang telah melakukan dialog kebangsaan dan sekaligus meresmikan Warung NKRI di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura. Untuk itu, melalui tempat-tempat ini nantinya kami akan lakukan diskusi-diskusi maupun dialog-dialog di tempat ini demi kejayaan bangsa dan negara ini menuju Indonesia yang harmoni,” pungkasnya. (Redaksi)

banner 325x300