Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Peringati 1 Mei Bergabungnya Papua Kepada NKRI, Pemkab Jayapura Gelar Upacara

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Memperingati Kembalinya Irian Barat Ke NKRI, sejumlah unsur Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Forkopimda melaksanakan upacara ziarah makam Pahlawan yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Marthen Indey, di Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Rabu, 1/04/2024.

Pemerintah bersama Forkopimda menggelar upacara, dimana ASS I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura Elphyna Situmorang, bertindak selaku Inspektur Upacara.

banner 325x300

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi saat di wawancara mengatakan upacara 1 Mei 2024, memperingati Hari Integrasi Papua ke Indonesia pada 1963. Kita merefleksikan Papua masuk ke dalam Indonesia di makam pahlawan asal Papua yang kebetulan makamnya ada di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Sekda Hana, Papua merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Jangan ada lagi yang berpendapat bahwa 1 Mei merupakan hari aneksasi, tetapi hari bergabungnya Papua ke Indonesia,”tegasnya.

1Mei 2024 ini, Hana menyampaikan ada dukungan yang diberikan pemkab Jayapura kepada keluarga pahlawan nasional asal Papua, Marthen Indey, kepada ahli waris, Nichodemus Risakota.

Dari keluarga juga meminta agar fasilitas di sekitar makam pahlawan, pemerintah memberikan dukungan, seperti dibuatkan pagar, dengan tujuan agar sapi ternak tidak masuk, membuat gapura, MCK, dan Pos, dan penerangan,” jelasnya.
“Kita akan sampaikan ke tim anggaran untuk didukung menjaga makam ini. Dengan tujuan agar makam tetap terjaga dengan baik,”ungkapnya.

ASS I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura Elphyna Situmorang, bertindak selaku Inspektur Upacara menyampaikan kembalinya Papua ke pangkuan NKRI harus kita jaga dan pertahankan. Para Pahlawan Papua dengan titisan darah yang sudah berjuang harus kita hargai.
“Terlebih untuk kabupaten Jayapura, mari kita menjaga visi misi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Kab. Jayapura

TNI/Polri pada upacara ini sangat langkah, itu membuktikan bahwa kita sepakat menjaga NKRI ini.
Elphyna menegaskan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura harus bangga karena ada pahlawan asal Papua  yang berjuang mempertahankan Indonesia dari penjajah.
Sebagai penghargaan kepada pahlawan nasional Marthen Indey maka Pemkab Jayapura menggelar upacara dan ziarah.

Ahli Waris pahlawan nasional asal papua, Marthen Indey, Nichodemus Risakota mengungkapkan upacara dan ziarah ini hal yang luar biasa karena setiap kegiatan-kegiatan besar kenegaraan masih dilakukan.
“Kami keluarga besar bersyukur karena jasa pahlawan Marthin Indey negara masih diingat dengan kunjungan dan dukungan.

Generasi muda papua harus melanjutkannya dengan hal yang baik bagi kita orang Papua.
Mampu bersaing secara positif di semua sektor untuk mengisi pembangunan yang ada saat ini dan tidak mudah terpecah belah.

1 Mei 2024 ini, Nichodemus juga meminta kepada pemerintah Kabupaten Jayapura sampai tingkat pusat untuk menjawab harapannya dengan membuat pagar keliling di sekitar makam Marthen Indey, karena agak susah membatasi hewan peliharaan warga yang masuk ke lokasi makam,”pungkasnya. (Imel)

banner 325x300