Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Penjabat (Pj) Gubernur Muhammad Ridwan Rumasukun melakukan panen cabai di Kampung Ifale, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (27/2/2024).

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Muhammad Ridwan Rumasukun melakukan panen cabai di Kampung Ifale, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (27/2/2024) pagi.

Bedanya, panen cabai kali ini tidak dilakukan di kebun, namun pada lahan warga milik Pdt. Albert Suebu yang dikelola secara mandiri oleh lima kelompok tani secara swakelola.

banner 325x300

Pj Gubernur Rumasukun dalam kesempatan itu mengapresiasi pemilik lahan yang telah mendorong warga setempat untuk menanam cabai.

Ia berharap inisiatif tersebut dapat menjadi percontohan bagi warga lainnya di Bumi Cenderawasih, agar memanfaatkan pekarangan rumah secara efektif.

“Apalagi kita akan masuk pada bulan puasa atau Lebaran. Kalau semua tanam cabai di pekarangan saya rasa maka harga jualnya saat hari raya akan normal karena tersedia dengan cukup,” kata Ridwan.

Selain menekan inflasi, lanjut Ridwan, inisiatif Pdt. Albert Suebu yang mendorong warga menanam cabai akan memberikan penghasilan tambahan bagi para kelompok tani setempat.

“Sebab dengan melibatkan kelompok warga untuk ikut menanam cabai, lalu kalau ini bisa digerakan dalam skala besar pasti akan membuat ekonomi mereka semakin meningkat,” ujar dia.

Ridwan memastikan bakal membantu alat pertanian bagi kelompok tani setempat. Diantaranya berupa bantuan alat pompa air dan pembuat bedengan. Pihaknya juga akan memberikan “suntikan” dana bagi lima kelompok tani setempat dengan nilai masing-masing Rp10 juta, “pungkasnya. (Imel)

banner 325x300