Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Penandatangan Pakta Integritas Kepada 139 Kepala Kampung Bukan Hanya Diatas Kertas

Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., didampingi Kepala Inspektorat Kabupaten Jayapura Meiyer C. Suebu dan Kepala DPMK Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra ketika menyaksikan penandatanganan pakta integritas secara simbolis oleh perwakilan sejumlah kepala kampung, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Selasa, 16 Mei 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – 139 Kampung  melakukan Penandatanganan Pakta Integritas bagi Kepala Kampung se- Kabupaten Jayapura untuk pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Kampung (ADK), merupakan rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) terkait desa bebas korupsi itu dihadiri oleh Sekda Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., Kepala Inspektorat Kabupaten Jayapura Meiyer C. Suebu dan Kepala DPMK Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra, yang dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Selasa, (16/05/2023).

Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., mengatakan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan oleh Pemkab Jayapura melalui DPMK ini dianggap penting untuk lebih meningkatkan pengawasan dan fungsi kontrol terhadap penggunaan dana oleh pemerintah kampung dalam hal ini para kepala kampung selaku pengguna dan penanggung jawab anggaran.

banner 325x300

“Ada 139 pemerintah kampung atau kepala kampung yang melakukan penandatanganan pakta integritas, dan diminta untuk komitmen ini bukan hanya menjadi catatan di kertas saja namun harus dipraktekkan,” ucap  Sekda.

Selain itu, kata Mama Sekda, jangan sampai kepala kampung banyak yang masuk penjara, karena menyalahgunakan dana kampung, tidak memberdayakan warganya dan hanya mengakomodir keluarganya saja.

Lanjutnya mengatakan, para kepala kampung di daerah ini harus dapat memanfaatkan dana keuangan kampung bagi kesejahteraan warganya.
“Jadi, para kepala kampung harus memperhatikan masyarakat yang sudah dalam membayar uang pendidikan, juga mendukung infrastruktur kampung,” katanya.
Menurutnya, pengelolaan dana keuangan kampung harus dilakukan sesuai regulasi yang berlaku agar kedepannya tidak timbul masalah hukum.
“Kami harap komitmen itu diikuti dengan integritas para kepala kampung dalam memanfaatkan dana keuangan kampung agar tidak terjadi masalah hukum,” tukas mantan Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura ini.

Sementara itu, Kepala DPMK Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra menyampaikan 139 Kepala Kampung dapat mengelola dalam penggunaan dana kampung dengan baik agar tepat sasaran dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat kampung.
<span;>Elisa juga menjelaskan, penandatanganan pakta integritas ini merupakan rekomendasi dari KPK RI untuk Papua, di mana KPK telah menetapkan Kabupaten Jayapura sebagai sampel yaitu Kampung Nendali sebagai pilot projek desa atau kampung bebas korupsi.

Dikarenakan, Kampung Nendali menjadi contoh untuk spesifikasi untuk tingkat nasional sebagai desa atau kampung yang benar-benar mengelola dana kampungnya secara transparan.
“Kami berharap kepada 138 kampung dalam hal ini kepala kampung lainnya yang ada di daerah ini bisa mengikutinya, dengan mampu mempertanggungjawabkan dana kampung sesuai pengelolaan dana kampung,” harap Elisa Yarusabra. (Imel)

banner 325x300