Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Pembina Daerah PYCH, Rudi Saragih Katakan: Pembibitan Jagung Dilakukan di 4 Distrik

Pembina PYCH Kabupaten Jayapura yang juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Rudi Afdiner Saragih saat menghadiri perayaan HUT ke-4 PYCH dengan melakukan peninjauan lokasi penangkaran bibit jagung di Kampung Imestum, Distrik Namblong.

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Pembina Daerah Papua Youth Creative Hub (PYCH), Rudi Afdiner Saragih meninjau lokasi pengembangan bibit jagung, di Kampung Imestum, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan hari jadi PYCH yang ke-4 tahun.
“Kami bersama-sama pengurus Papua Youth Creative Hub (PYCH) berkumpul di Kampung Imestum dengan para kader pemberdayaan.
Ada beberapa yang dilakukan seperti, meninjau lokasi pengembangan dari kegiatan PYCH yang ada di Kabupaten Jayapura, yang dikoordinir oleh ketua PYCH Daud Edison Yerisetouw dan merayakan hari ulang tahun ke-4 PYCH yang merupakan organisasi diinisiasi oleh bapak Presiden Joko Widodo, hal ini di sampaikan Rudi Afdiner Saragih saat di wawancara melalui selulernya, Selasa (19/09/2023).

banner 325x300

Rudi Saragih mengatakan, pihaknya bertemu dan berdiskusi tentang kegiatan pengembangan penangkaran bibit jagung dengan luas mencapai 5 hektar yang ada di empat distrik di wilayah pembangunan (WP) III, yakni di Distrik Namblong, Distrik Nimboran, Distrik Nimbokrang dan Distrik Kemtuk Gresi.
“Dari pemberdayaan di empat distrik tersebut, dihadiri pengurus PYCH dan juga seluruh aparat Kampung Imestum. Lalu berkoordinasi dengan Kepala Distrik Namblong, yang bekerjasama dan membantu kegiatan PYCH,” jelasnya.

Ia bersama semua pengurus PYCH meninjau lokasi penangkaran benih jagung dengan luasan 0,3 hektar. Diperkirakan sekitar tiga pekan lagi semuanya sudah bisa di panen.
“Jadi, ini kita sudah laporkan kepada Pj Bupati Jayapura dan juga pembina PYCH pusat. Tujuan dari PYCH ini adalah untuk penangkaran bibit jagung di lahan seluas lima (5) hektar yang ada di empat (4) distrik ini.
“Kami akan melakukan sertifikasi sesuai dengan syarat-syarat daripada penangkaran untuk menjadi benih jagung di badan sertifikasi benih pertanian serta mengarahkan kepada ketua maupun pengurus PYCH agar segera menyurat ke badan sertifikasi benih pertanian untuk dilaksanakan pengamatan yang sesuai dengan prosedur, guna meloloskan benih jagung PYCH bersertifikat,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua PYCH Kabupaten Jayapura, Daud Edison Yerisetouw menyampaikan, pihaknya sedang melakukan pengembangan pembenihan jagung varietas lokal di Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura.
“Jadi rencana kami kedepan persiapkan benih jagung dan setelah itu kami persiapkan lahan penanaman jagung seluas 1.000 hektar di Kabupaten Jayapura.
Hal ini untuk mengantisipasi dampak ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Jayapura maupun Papua dan umumnya di Indonesia,” beber Daud.
Rencana di akhir September ini akan ada panen,” ungkapnya. (Imel)

banner 325x300