Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Pelantikan Ratusan Pejabat Eselon III dan IV Digelar di Alam Terbuka, Ini alasan Pj Bupati Jayapura

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo ketika melantik pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Jayapura, yang berlangsung di Atas Jembatan Bailey Kemiri, Kali Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, 17 Maret 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Pelantikan pejabat Eselon III dan IV ini langsung dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., di Atas Jembatan Bailey Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.
“Hari ini cuaca cukup panas dan tidak hujan saat kita melantik pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Jayapura. Seperti yang saya sampaikan tadi, kenapa harus takut panas. Kita punya masyarakat masih banyak yang berjuang mempertahankan hidup di bawah terik matahari,” ujar Triwarno Purnomo, Jumat, 17 Maret 2023 ketika dikonfirmasi wartawan termasuk wartawan media online ini usai pelantikan pejabat Eselon III dan IV.

“Kenapa harus takut hujan, sedangkan kita punya masyarakat masih ada yang tinggal di gubuk-gubuk. Yang mana, pada saat hujan tentu tidak bisa tidur karena berurusan dengan air hujan. Kita ke kali sini, kenapa kita harus takut sepatu rusak, padahal kita punya masyarakat masih banyak yang jalan dengan kaki telanjang,” ucapnya menambahkan.

banner 325x300

Ia mengatakan, 115 pejabat Eselon III dan IV yang baru dilantik ini harus peka dan lebih responsif.
“Mereka harus selalu responsif dan turun ke masyarakat. Jadi, pejabat yang telah dilantik harus peka dan harus responsif. Kita punya masyarakat yang kena terik matahari itu, mari kita kasih payung. Kita punya masyarakat yang jalan masih kaki telanjang, mari kita kasi alas kaki sendal atau sepatu. Kemudian, kita punya masyarakat yang masih tidur di bawah air hujan, mari kita buatkan rumah yang layak bagi mereka.

Dikatakannya, pelantikan pejabat eselon yang dilakukan saat ini, baik rotasi dan mutasi itu adalah bagian metode dalam pembinaan karier. “Jadi, (pelantikan) itu adalah hal yang biasa sesuai dengan kebutuhan organisasi,” katanya.
Bupati Triwarno berharap rotasi mutasi pejabat ini dapat dimaknai sungguh-sungguh sebagai kesempatan untuk mengabdikan diri dengan kemampuan terbaik.

“Oleh karena itu, kita harap pejabat yang baru dilantik ini memiliki kemampuan dan wawasan yang luas, produktif dan berkinerja baik, serta responsif terhadap semua yang terjadi di lingkungan sekitar,” paparnya.

“Jabatan adalah amanah, yang harus dijaga kepercayaannya untuk dilaksanakan dengan baik tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan. Serta, mempunyai tanggung jawab juga untuk memelihara keutuhan NKRI, persatuan dan kesatuan bangsa, Pancasila dan UUD 1945,” katanya lagi.
“Saya ucapkan selamat bekerja kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini,” ungkapnya.

Sementara itu kepala BKPSDM Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw mengatakan, sebanyak 115 orang Aparatur Sipil Negara,(ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura dilantik terdiri dari, Eselon III A berjumlah 15 orang, Eselon III B berjumlah 16 orang, Eselon IV A berjumlah 54 orang dan Eselon IV B berjumlah 15 orang.

Timothius J. Demetouw mengatakan, Selain itu pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji jabatan ini dilakukan karena adanya ASN yang telah memasuki masa pensiun,” ungkapnya. (Redaksi)

banner 325x300