Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3/ 3

Otsus Hadir Bagi OAP,  Distrik Waibhu Gelar Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Meningkatkan Kapasitas masyarakat orang asli papua (OAP) Pemerintah Distrik Waibhu melakukan kegiatan Pelatihan dan Keterampilan Kerajinan Tangan yang di buka langsung oleh Kepala Distrik Waibhu Jenny Deda, diaula balai pertanian Toware Doyo Lama, Selasa 11/06/2024.

Pelatihan dan keterampilan kerajinan tangan diikuti sekitar 100 orang peserta yang terdiri dari 7 kampung di distrik Waibhu.

banner 325x300

Kepala distrik Waibhu, Jenny Deda saat di wawanca mengatakan kegiatan pelatihan dan keterampilan kerajinan tangan dilakukan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan pembelajaran supaya warga lokal mampu mandiri.

“Melalui pelatihan ini juga dapat mewujudkan keterampilan yang mempuni bagi masyarakat OAP di Distrik Waibhu,”ujarnya.

Narasumber yang didatangkan juga adalah orang yang berkompeten di Kabupaten Jayapura.
“Jadi pak Korinus Ohee ini memang pelopor seni lukis dan ukir di Kabupaten Jayapura dan kita sudah bisa melihat hasil karyanya seperti di Asei pulau,” terangnya.

Tidak hanya itu, Jenny Deda juga mengungkapkan kegiatan ini dapat menghasilkan kerajinan tangan yang berbeda dari daerah lainnya dan itu menjadi ciri khas dari distrik Waibhu yang bisa dikenal dikalangan masyarakat luas, serta peningkatan ekonomi bagi kehidupan masyarakat di kampung.

Jenny Deda berharap, kegiatan pelatihan dan keterampilan kerajinan tangan yang dilakukan pemerintah distrik Waibhu yang melibatkan masyarakat dari 7 kampung memiliki potensi dan mampu menghasilkan ciri khasnya waibhu.

Terlebih disetiap wiilayah Sentani berbeda-beda seninya. Jadi ada ukiran yang berbeda dari setiap wilayah baik Sentani Timur, Sentani, Sentani Barat dan Waibhu.

Seni lukis dan seni merias wajah yang dilatih, diharapkan menjadi khas dari Waibhu bisa dikenal oleh masyarakat. Hasilnya mampu menaikkan kreatifitas dan perekonomian di distrik Waibhu. Dari hasil kerajinan yang dibuat, akan dipasarkan di Festival Danau Sentani ,(FDS) pada tanggal 19 Juni 2024 dan kemasyarakat yang lebih luas lagi,” pungkasnya. (Imel)

 

banner 325x300