Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Mathius Awaoitauw, Di Deklarasikan Masyarakat Adat dan Paguyuban Nusantara Kabupaten Jayapura, Calon Gubernur Provinsi Papua Periode 2024.

Saat penyampaikan kesepakatan sebagai bentuk dukungan dari para tokoh Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura Siap Dukung MA Maju Cagub Papua 2024- 2029.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, Jelajahpapua.com – Masyarakat Adat dan Paguyuban Nusantara Kabupaten Jayapura Deklarasikan Mathius Awoitauw sebagai calon Gubuernur  Provinsi Papua periode 2024- 2029 pada jumat 31 maret 2023 di Obhe Kampung Bambar, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura dengan penandatanganan sebagai bentuk dukungan masing-masing oleh tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura.

Ketua Dewan Adat Suku ( DAS) Sentani Orgenes Kaway mengatakan mengapa Masyarakat Adat dan Paguyuban Nusantara Kabupaten Jayapura deklarasikan Mathius Awoitauw sebagai calon Gubernur Provinsi Papua periode 2024- 2029 pertama, Mathius Awoitauw sudah memiliki pengalaman sebagai pemimpin, menjadi Bupati Jayapura 2 Periode, kedua untuk wilayah Kabupaten Jayapura hanya Mathius Awoitauw yang mampu menjadi pemimpin.

banner 325x300

Masyakat Adat dan Paguyuban Nusantara Kabupaten Jayapura sepakat dengan mendukung Mathius Awoitauw menjadi calon Guberur Provinsi Papua periode 2024- 2029. Tujuan kami hanya sederhana, dan beliau sebagai Pemimpin 2 periode sebagai Bupati Jayapura dan peduli terhadap hak hak Adat.

“Di Kabupaten Jayapura hanya Mathius Awoitauw yang menyatakan maju. Kalau ada orang yang lebih dari Mathius Awoitauw kasi tau saya, karena yang lebih hanya Mathius dan saya. Kalau orang pintar masih banyak, tetapi orang sederhana hanya Mathius dengan saya,” tegasnya.

“Sebagai pemimpin, saya tahu orang-orang yang pantas dan hebat di Sentani. Saya juga tau siapa yang pintar, tetapi kelakuannya tidak baik. Kalau orang pintar, tetapi kelakuannya tidak baik bisa memberikan sesuatu kepada rakyatnya, jadi saya pikir sama saja rakyat biasa lebih baik,” katanya.
Ondo Origenes menegaskan, bagi generasi muda ini peluang yang sangat besar bagi kita. Kalau kau punya pintar mari gabung, kau punya hebat mari sumbang pikiranmu. “Kami mau anak-anak kami, juga generasi kami kedepan bisa menjadi gubernur,” pungkasnya.

Sementara itu, Mathius Awoitauw memberikan apresiasi deklarasi yang dilakukan masyarakat adat dan paguyuban Nusantara untuk mendukung dirinya maju sebagai Calon Gubernur Papua dalam Pilgub Papua 2024 nanti.

“Saya memberikan apresiasi untuk kita semua dengan pernyataan dukungan yang tadi telah disampaikan dan ini murni inisiatif dari masyarakat adat. Saya yang termasuk di undang dan kita semua hadir di acara deklarasi ini. Saya percaya bahwa masyarakat adat sangat paham, karena 10 tahun di kantor Bupati Jayapura selalu berada dengan mereka,” ujar pria yang akrab disapa MA.

“Jadi, apa yang dilakukan sebagai bentuk dukungan ini karena mungkin mereka sudah melihat apa yang pernah kita lakukan di daerah ini dalam mempertahankan eksistensi masyarakat adat dan juga mengembalikan jati diri masyarakat adat dan orang asli Papua,” cetus mantan Bupati Jayapura dua periode ini. (Redaksi)

banner 325x300