Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Kehadiran Petani Mandiri Mampu Tangani Inflasi Daerah

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo didampingi Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura Jenny Deda dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura Suliyono, saat mengunjungi dan melihat kebun petani mandiri yang ada di daerah Doyo Lama, Distrik Waibu, Senin 26/02/2024.
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo didampingi Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura Jenny Deda dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura Suliyono, serta Kabag Ops Polres Jayapura, mengunjungi dan melihat kebun petani mandiri yang ada di daerah Toware dan Doyo Lama, Distrik Waibu, Senin 26/02/2024.

Kunjungan yang dilakukanl Triwarno untuk memastikan kelompok petani mandiri bisa membantu program pemerintah dalam mengatasi masalah inflasi di Papua khususnya Kabupaten Jayapura.

banner 325x300

Kelompok tani mandiri menanam sayur sayuran, cabai, tomat, jagung, umbi umbian dan lainnya dari hasil pertanian tentu ini bisa membantu menekan inflasi atau kenaikkan harga yang tidak terkontrol di pasar. Daya beli masyarakat dalam belanja kebutuhan dapur bisa lebih terjangkau tanpa harus mendatangkan komoditi pertanian dari luar Kabupaten Jayapura.

“Jadi apa yang menjadi keluhan dan hambatan petani mandiri di Kabupaten Jayapura kita nanti bisa bantu dan tindaklanjuti apakah dalam hal ini ketersediaan pupuk, alat pertanian, obatan obatan pertanian maupun lainnya, dan saya harap OPD teknis juga bisa membantu mengatasi masalah yang di hadapi petani mandiri atau kelompok tani di Kabupaten Jayapura,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura Jenny Deda menyampaikan, lahan pertanian yang dikunjungi dan dilihat Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo adalah lahan milik Distrik Waibu yang dikeluarkan secara mandiri oleh petani dan disewakan setiap tahunnya. Dimana dalam waktu dekat ini akan dilakukan panen, baik cabai, tomat, mentimun dan kol sehingga ia mengajak Pj Bupati Jayapura untuk melihat lahan yang disewakan luasnya 3 hektar di petani mandiri di doyo lama dan di toware ada 1 hektar

Menurutnya, dengan adanya lahan pertanian di Kabupaten Jayapura ini sangat membantu sekali dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Jayapura karena hasil dari komoditas pertanian petani di Kabupaten Jayapura bisa dijual di pasar Pharaa Sentani, Pasar lama dan pasar yang ada di doyo.

“Nanti hasil komoditi pertanian bisa membantu kebutuhan masyarakat Kabupaten Jayapura maupun dalam mengendalikan inflasi,”ucapnya.

Untuk kendala yang dihadapi petani, kata Jenny, ketersediaan pupuk, obat obatan dalam pertanian, alat pertanian untuk memudahkan petani dalam menggarap lahan dan kebutuhan bibit pertanian.

Diharapkan dari Pemkab Jayapura melalui OPD Teknis bisa turun datang dan membantu mengatasi masalah petani di Kabupaten Jayapura.

Adanya petani sangat penting karena mereka membantu pemerintah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dapat mengontrol harga harga tetap terkendali, dan menekan Inflasi, sehingga petani harus diperhatikan dengan baik apa yang menjadi kebutuhan saat bertani,”Pungkasnya.

banner 325x300