banner 728x250

Kasus Pemalakan Hingga Berujung Penembakan dan Pembakaran Kios di Dogiyai

banner 120x600
banner 468x60

Jayapura, Jelajahpapua – Kasus pemalaka warga di Dogiyai, Papua berujung pada penembakan lalu terjadi pembakaran beberapa kios oleh massa pada Sabu (21/1/2023).

Menurut Kapolres, Dogiyai Kompol Samuel D. Tatiratu, S.I.K
peristiwa penembakan terhadap warga itu berawal dari adanya aksi pemalakan terhadap sebuah truk pasa siang hari sekitar pukul 13.00 WIT oleh sekelompok pemuda yang tengah dipengaruhi miras, bertempat di Sekitaran Kampung Gopouya, Kabupaten Dogiyai.

banner 325x300

Mendengar peristiwa pemalakan tersebut, anggota kemudian bergegas menuju TKP namun sesampai disana, anggota sudah melihat korban tergeletak tak bernyawa dipinggir jalan.

” Diketahui terjadi penembakan terhadap seorang pemuda yang bernama Yulianus Tebai (30) hingga meninggal dunia akibat luka tembak dibagian dada tembus kebelakang,” jelas Kapolres.

Ia melanjutkan, anggota kemudian melakukan negosiasi bersama keluarga yang juga telah berada di TKP untuk membawa korban ke Puskesmas Bomomani untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.

“Anggota yang tengah melakukan evakuasi korban menuju Puskesmas Bomomani kemudian dicegat dan diserang menggunakan batu, kayu dan alat tajam oleh sekelompok pemuda sehingga anggota mengambil keputusan untuk mengamankan diri di Polsek Mapia mengingat keamanan anggota yang minim,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, kelompok pemuda yang hendak menyerang anggota tersebut kemungkinan tidak terima adanya korban penembakan tersebut kemudian membuat kericuhan lain yang menimbulkan pembakaran di beberapa kios.

Aparat tengah berupaya melakukan penyelidikan para pelaku pemalakan, penembakan serta pembakaran tersebut untuk kami berikan tindakan tegas sesuai hukum.

” Kerugian yang ditimbukan akibat kejadian tersebut yakni pembakaran kios/ toko dan kaca kendaraan jenis Truck 2 unit hancur pecah akibat lemparan batu oleh massa,” jelasnya.(Redaksi)

banner 325x300