banner 728x250
1 / 2
2 / 2

Berita  

Ini Pesan Sekda Kabupaten Jayapura kepada 64 Anggota Bamuskam di 9 Kampung yang dilantik

Foto bersama Sekda Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., dengan sejumlah anggota Bamuskam usai acara pelantikan di Halaman Kantor Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Selasa, 14 Maret 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Bertempat di Halaman Kantor Distrik Namblong, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., melantik 64 anggota Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) dari 9 Kampung yang ada di Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Selasa, 14 Maret 2023.
<span;>Dalam arahannya, Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., berharap anggota Bamuskam di 9 Kampung yang baru dilantik ini bisa bekerja semaksimal mungkin untuk membangun kampungnya masing-masing dalam fungsinya sebagai pengawas atau kontrol bagi kinerja Kepala Kampung.

“Bamuskam ini punya kewenangan atau tugasnya sesuai yang sudah diatur didalam Undang-Undang di Negara Republik Indonesia ini. Dengan dilantiknya mereka ini, maka diharapkan menjadi kaki dan tangan dari Pemerintah, untuk melakukan pengawasan atau kontrol berjalannya roda Pemerintahan di tingkat Kampung,” ucap Hana Hikoyabi.

banner 325x300

Pasca dilantiknya anggota Bamuskam, Mama Hana sapaan akrabnya itu berharap bisa mengawasi seluruh tata kelola pemerintahan ditingkat kampung dengan baik sesuai dengan Tupoksinya dan jangan melewati batas tugasnya.
Menurutnya, Badan Musyawarah Kampung atau Bamuskam adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa atau kampung berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

“Dalam sumpah dan janji jabatan itu sudah disebutkan mereka bersedia dengan tugas yang diembankan. Hal itu bukan sekedar kata-kata biasa saja. Anggota Bamuskam dari 9 Kampung ini harus menjadi motor penggerak pengawasan. Jika ada Kepala Kampung yang berbuat macam-macam dalam tata kelola Pemerintahannya, maka Bamuskam punya kewenangan untuk meluruskan,” tuturnya.

Lanjut Mama Hana menyampaikan, anggota Bamuskam ini harus bisa menerima semua aspirasi masyarakat di masing-masing kampungnya. Jika ada persoalan yang terjadi agar dapat diselesaikan ditempatnya masing-masing dan berkordinasi dengan Pemerintah ditingkat Distrik untuk pecahkan secara bersama-sama persoalan yang terjadi tersebut.

“Kita punya harapan Bamuskam ini bisa lebih maksimal dalam kinerjanya, lebih khususnya dalam pengawasan, serta fungsi pengontrolan terhadap kinerja Kepala Kampung. Ini harus dipahami agar bisa dimaksimalkan kinerja Kepala Kampung dalam pelayanan terhadap masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung,secara struktur maupun pelayanan administrasi kedepannya yang lebih baik,” paparnya.

“Jadi, ada banyak tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Kampung, sehingga dengan dukungan anggota Bamuskam lebih kuat lagi dalam pelayanan kepada masyarakat,” tutup mantan Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura ini. (Redaksi)

banner 325x300