banner 728x250banner 728x250



banner 728x250

Ini Perintah Tegas PJ Bupati Jayapura Kepada Lima Kakam dan Pengurus Bamuskam

PJ Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, Lantik Lima Kepala Kampung dan Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) Dari Dua Distrik, di Lapangan Mandala, Genyem, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Selasa, (27 /06/2023).

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Meski sempat tertunda, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, akhirnya melantik lima Kepala Kampung dari dua distrik yaitu, Distrik Nimboran dan Distrik Nimbokrang yang dilakukan di Lapangan Mandala, Genyem, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Selasa, (27 /06/2023).

Lima Kepala Kampung yang dilantik Pj Bupati Jayapura,
1. Kampung Yenggu Lama Yusuf Waisimon, Distrik Nimboran Kampung Singgri.
2. Anace Yuliana Demotekay, Distrik Nimboran Kampung Gemebs.
3. Matias Yambe Yabdi, Distrik Nimboran Kampung Pobaim.
4. Daniel Waricu dari Distrik Nimbokrang Kampung Bunyom.
5. Yustus Tecuari.
Dalam pelantikan ini juga dirangkai dengan pengukuhan Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Anggota Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) bagi tiga kampung yakni, Kuipon, Kuwase dan Singgriway yang ada di Distrik Nimboran.

banner 325x300

Penandatanganan berita acara pelantikan oleh lima (5) Kepala Kampung dan para Ketua Bamuskam yang disaksikan Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo.
PJ Triwarno, saat di wawancara meminta kepada Kepala Kampung dan Bamuskam yang hari ini dilantik untuk langsung bekerja dan dapat melaksanakan tugas dengan baik, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan amanah yang telah diberikan oleh masyarakat.

“Kepala kampung harus ingat, tidak bekerja sendiri, ada Bamuskam yang fungsinya sudah jelas. Diminta, kepala kampung melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kampung, lalu ada yang mengawasi yaitu Bamuskam sebagai representasi masyarakat,”ujarnya

Kepala Kampung dipilih oleh masyarakat yang bisa mengganti kepala kampung juga dari masyarakat. “Sehingga kepala kampung ini harus benar-benar mengemban tugas dan juga kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas dengan baik. Terutama dalam hal pengelolaan dana kampung,” ujarnya.

PJ Triwarno jelaskan, semua aturan dalam prioritas penggunaan dana kampung dan juga dalam penyalurannya itu harus diikuti dengan baik, seperti
“Laporan pertanggungjawabannya itu harus benar-benar pertanggungjawaban yang baik, bahwa kegiatannya itu tepat sasaran dan tidak boleh ada pertanggungjawaban yang tidak benar. Semua harus melaksanakan pekerjaan dengan baik. Disini peran peran kepala distrik sangat penting, untuk bisa mengawasi secara langsung terutama dana-dana yang ada di kampung,” tegasnya.

Dana-dana kampung ini terkait perlindungan sosial, penanganan kemiskinan dan juga yang paling utama adalah penanganan stunting.
“Ada alokasinya dalam petunjuk penyusunan anggaran pendapatan dan belanja kampung, semuanya sudah ditentukan. Contoh, ketahanan pangan itu minimal 20 persen, untuk perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan itu 10 persen sampai 20 persen, kemudian operasional kampung itu hanya 3 persen dan juga prioritas-prioritas yang menjadi sektor unggulan di kampung seperti pariwisata.

Kampung juga memiliki BUMKam yang mana ada penyertaan modal itu harus dilakukan dengan tepat sasaran dan tepat guna,” imbuhnya.
“Harapannya, kepala-kepala kampung terpilih agar tetap bersama-sama dengan masyarakat kampung untuk berkomunikasi secara terbuka apa yang dilakukan dan bagaimana mencari potensi-potensi untuk kemajuan kampungnya,” harapnya.

Sementara itu kepala Distrik Nimboran Rahmad Marimbun mengatakan untuk distrik Nimboran masih ada 3 kampung yang belum dilakukan pelatikan dan masih tahap persiapan proses pemilihan, dan diharapkan sebelum bilan desember 2023, pelantikan 3 kepala kampung dapat dilakukan.

Kata Rahmad untuk distrik nimboran hanya ada satu PLT di kampung kuipons dan di pastikan setelah Hut Kemerdekaan RI ke-78 sudah dapat dilakukan proses pemilihan dengan baik.
Tak hanya itu Rahmad juga pastikan  dalam pemiliham sepanjutnya tidak akan ada PLT, karena tahapan yang kita lakukan dengan tepat, tepat waktu dan demokratis,” tutupnya.

Dalam pelantikan tersebut Hadir Kepala Distrik Rahmad Marimbun, Kepala Distrik Nimbokrang Wellem Wouw, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Rasino, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Mathias Lewerissa, sejumlah Pimpinan OPD dan para Kabag di lingkungan Pemkab Jayapura. (Imel)

banner 325x300