Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3/ 3

Berita  

IJPN Bersama Kemenkominfo Gelar Pelatihan Kapasitas Jurnalistik Era Digital Bagi 30 Mahasiswa Papua

Ketua Umum Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN) Roberthus Yewen Saat menyampaikan sambutan  peningkatan Kapasitas Jurnalistik diera digital bagi 30 mahasiswa Papua, rabu 01/03/2023 di Hotel Horison Sentani.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Pengurus Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN) menggelar Peningkatan Kapasitas Jurnalistik diera digital bagi mahasiswa Papua di hotel Horison Sentani, Kabupaten Jayapura, rabu 01/03/2023.

Pelatihan itu diikuti oleh 30 mahasiswa Papua di Jayapura dari berbagai kampus di Kota Jayapura. Diantaranya, Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Kampus Universitas Sains dan Teknlogi Jayapura (USTJ) dan Universitas Muhamadiyah Papua.

banner 325x300

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan yang diwakili Koordinator Bidang Politik dan Pemerintahan Ditjen Polhukam Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dwi Dianingsih.

Dwi menyebut jurnalis diera digital ini harus memiliki keterampilan dalam mengakses media sosial.
“Media sosial sangatlah penting bagi masyarakat,”kata Dwi Dianingsih saat menyampaikan sambutannya. Menurutnya, pemerintah harus menyadari bahwa masyarakat punya hak atas informasi berdasarkan fakta sebagai informasi yang baik dan benar, berdasarkan keterampilan, pengalaman dan hati nurani, serta menjaga agar masyarakat tidak bergejolak, memberdayakan dan membangun nasionalisme.

Sesuai dengan amanat inpres no 9 tahun 2020, tentang percepatan pembangunan kesejahteraan Provinsi Papua dan Papua Barat. Maka kegiatan ini ada beberapa tujuan, pertama, meningkatkan minat dan antusias  pemuda papua dalam dalam mendukung kesejahteraan papua melalui karya jurnalis, kedua, meningkatkan kopensi pemuda papua dalam bidang jurnalisme, ketiga, mendukung peningkatan iklim demokrasi dan kehidupan masyarakat papua, melalui jurnalisme yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Umum IJPN Roberthus Yewen mengatakan berkat semangat kolaborasi pengurus pusat dan anak-anak muda Papua dan media sehingga kegiatan ini dapat dilakukan.

“Kolaborasi media dan anak muda siap mendukung dan mensponsori melalui literasi,”ujar Roberthus Yewen kepada awak media. Melalui Literasi Jurnalis, kata dia, membantu kesulitan mahasiswa seperti menyusun skripsi, tugas kampus dan lainnya.

“Literasi jurnalis ini sangat penting bagi mahasiswa dan anak muda Papua membantunya dalam pembuatan tugas-tugas di kampus,”(Redaksi)

banner 325x300