Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Hardiknas 2024 Sekda Hana: Kurikulum Merdeka Belajar Harus Merata di 19 Distrik

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajpapua.com – Dalam momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Jayapura menggelar upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Kamis 2/5/2024.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S Hikoyabi sebagai pembina upacara membacakan pidato dari Menteri Pendidikan, Riset, dan Teknologi.
Dengan tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar, yang dihadiri sejumlah peserta didik dari beberapa sekolah.

banner 325x300

Sekda Hana mengatakan semangat di Hardiknas 2024 untuk kabupaten Jayapura harus terus dipertahankan dengan program merdeka belajar yang sudah diterapkan, anak didik bisa berekspresi tanpa ada tekanan.
“Ini program yang positif dimana anak didik tanpa tekanan dapat belajar, yang menghasilkan karya luar biasa terlebih bagi Indonesia, terlebih di Papua.

Seperti sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya mendorong agar system Merdeka Belajar yang kini diterapkan diseluruh Indonesia terus diberlakukan.

Merdeka belajar yang sudah diterapkan di Indonesia ini mampu memberikan semangat belajar, demi masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Untuk pendidikan di kabupaten Jayapura diharapkan mampu menerapkan merdeka belajar di semua sekolah.
“Merdeka belajar itu bukan untuk sekolah yang ada di kota saja, tetapi juga ada di kampung-kampung,”harapnya.

Sekda Hana berharap melalui kurikulum Merdeka Belajar khusus peserta didik Kabupaten Jayapura lebih banyak berprestasi dengan meningkatkan kualitas.

Sementara itu, Plt Kepala dinas pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Y Mokay menyampaikan sekolah-sekolah di Kabupaten Jayapura sudah sebagian besar beralih dari kurikulum 13 ke Merdeka Belajar.

Untuk Kabupaten Jayapura, sebagian sekolah sudah mulai menerapkan merdeka belajar sesuai dengan gagasan dari Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim.
“Hampir sekolah sekolah yang ada di kabupaten Jayapura sudah menerapkan merdeka belajar.

Penerapan Merdeka Belajar cukup bagus, dimana peran guru sangat penting, menghasilkan anak didik mampu berkreatifitas dimana kita berada,” pungkasnya. (Imel)

banner 325x300