Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Gelar Pasar Murah Merdeka, Pemkab Jayapura Beri Harga Merdeka Kepada Masyarakat

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura,jelajahpapua.com-Dalam Rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Jayapura, Gelar Pasar Murah Merdeka yang di buka Penjabat (PJ) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, dilapangan Kantor Bupati Jayapura, Jumat (18/08/2023).
Kegiatan pasar murah merdeka ini, adalah rangkaian yang di lakukan Pemkab Jayapura dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun.
“Kita mulai sebelum hari kemerdekaan, dengan berbagai kegiatan dengan nuansa memerah putihkan kabupaten jayapura dengan bendera dan umbul umbul, lalu pada puncak hari kemerdekaan kita melaksanakan penaikan dan penurunan bendera, malam apresiasi untuk Paskibra dan jumat 18 Agustus bersama Dinas Perindag, melakukan pasar murah merdeka,”jelasnya.
“Adanya pasar murah merdeka dengan harga yang merdeka, kami menginginkan suasana kemerdekaan ini benar-benar dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga kehadirannya sangat membantu masyarakat serta distributor. Dimana distributor menyiapkan bahan pokok dan masyarakat mempunyai daya beli yang baik,” lanjutnya.

 

banner 325x300

Digelarnya pasar murah merdeka ini, diberikan subsidi agar kestabilan harga mampu menaikkan daya beli masyarakat sehingga masyarakat benar-benar merasakan kebahagian dihari Kemerdekaan RI Ke-78 tahun.
Pemerintah gelar pasar murah merdeka dengan lining sektornya, Dinas Perindustrin dan Perdagangan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Katahanan pangan, Keterlibatan 4 Distributor dan Agen Minyak Tanah PT. Wira Sembada,”Ungkapnya.

 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan,(Perindag) Kabupaten Jayapura, Theophilus H. Tegai menjelaskan, pasar murah merdeka ini melibatkan distributor seperti, Saga, IJS (Irian Jaya Sehat). Sedangkan untuk agen minyak tanah dari PT. Wira Sembada. Selain ini, ada juga sejumlah dinas antara lain pertanian dengan sayur-mayur dan bumbu dapur. Sementara dinas perkebunan dan peternakan menyediakan ayam potong termasuk sejumlah UKM kabupaten jayapura,” ucapnya.“ Jadi, seperti penjelasan PJ Bupati Triwarno, Pasar murah merdeka adalah rangkaian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun, dapat membantu masyarakat dari sisi kebutuhan Bapoknya,”jelasnya.

 

Pemerintah memberikan harga subsidi, seperti minyak tanah Rp 4.000 perliter dan disipakan sebanyak 5.000 liter, subsidi untuk bapok tergantung jenisnya, contoh beras Kano sesuai harga toko IJS senilai Rp 141.000 tetapi di pasar murah bisa dibeli seharga Rp 121.000. Jadi, selisihnya kita subsidi. “Khusus untuk Bahan Pokok (Bapok), subsidinya langsung dari disperindag yang berlaku bagi semua bahan pokok. Pasar murah ini digelar hari ini saja sehingga bagi masyarakat yang membutuhkannya bisa dating. Adapun bahan pokok yang disubsidi antara lain, beras, minyak goreng, telur, gula pasir, tepung terigu, ayam ras dan minyak tanah,” tutupnya. (Imel)

banner 325x300