Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Gedung Perpustakaan Umum  Kabupaten Jayapura Bakal Diresmikan Kepala Perpusnas RI Akhir Maret ini

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura Alpius Demena saat meninjau Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Jayapura, Selasa, 14 Maret 2023.

banner 120x600
banner 468x60

Sentani, jelajahpapua.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura masih menunggu jadwal dari Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, untuk meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Jayapura.
Diharapkan Gedung perpustakaan umum yang dibangun di Bumi Khenambay Umbay itu akan diresmikan pada akhir bulan Maret 2023 mendatang.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura, Alfius Demena usai meninjau setiap sisi ruangan Gedung perpustakaan tersebut, di Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa, 14 Maret 2023.

banner 325x300

Peresmian gedung perpustakaan berskala nasional oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, itu juga akan digelar sejumlah kegiatan untuk mengisi peresmian gedung berlantai 3 yang terletak di belakang Gedung D komplek perkantoran pemerintahan Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura, Alfius Demena mengatakan, gedung perpustakaan itu rampung dibangun Desember 2022, melalui DAK Perpusnas Tahun Anggaran 2022 dengan pagu anggaran Rp10 miliar..

“Gedung perpustakaan itu mulai dikerjakan bulan Juni 2022, termasuk target kerja kita sudah selesai dengan cepat yaitu Desember 2022 sudah selesai atau rampung. Kemarin di tanggal 7 Maret 2022 itu koordinasi dengan Kepala Perpusnas untuk peresmian dan meminta surat dari kami, sehingga kami sudah menyurati mereka dan juga sudah serahkan langsung ke Kepala Perpusnas sambil menunggu jadwal peresmian,” sebut Alpius Demena.

Karena, kata Alpius Demena, anggaran DAK Perpusnas tahun anggaran 2022 yang digunakan untuk membangun gedung perpustakaan itu cukup banyak provinsi yang mendapatkan jatah pembangunan gedung perpustakaan tersebut.
“Jadi, Kepala Perpusnas dalam melakukan peresmian itu beliau harus keliling di setiap provinsi untuk melakukan peresmian tersebut. Untuk itu, kami dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah sedang menunggu jadwal kedatangan beliau guna meresmikan gedung perpustakaan ini. Kami harapkan di pertengahan atau akhir bulan Maret ini sudah harus diresmikan. Jadi, sekarang ini kami sedang menunggu jadwalnya beliau, karena sekarang beliau lagi sibuk untuk peresmian gedung perpustakaan di beberapa daerah,” katanya.

“Kalau sudah diinformasikan ke kami terkait kapan peresmian gedung perpustakaan ini, maka kita akan mempersiapkan acara peresmiannya,”pungkasnya. (Redaksi)

banner 325x300