Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Pesta Hote Mbay Heley Mbay, Sekda Hana Katakan Makan di Sempe Rasanya Lezat

Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, didampingi Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, Bersama OPD saat makan Papeda, pada Pesta Hote Mbay Heley Mbay, di Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Kamis, (28/09/2023).
banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – Pesta Hote Mbay Heley Mbay atau Satu Sempe Satu Piring Ikan  dengan mengangkat tema, “Pesta Budaya makan Papeda dengan wadah gerabah yang ke-4, di bukab Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, didampingi Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, dan OPD, di Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis, (28/09/2023).

Pesta budaya makan Papeda dengan wadah gerabah ini adalah kegiatan yang digagas murni oleh masyarakat Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura.
Pesta ini merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya di tahun 2023 dan dijadwalkan akan digelar selama tiga hari mulai, 28-30 September 2023.

banner 325x300

Sekda Hana menyampaikan Pesta Hote Mbay Heley Mbay ini merupakan inisiatif langsung dari masyarakat adat, khususnya di Kampung Abar. Disini ada potensi tanah liat yang bisa dibuat gerabah dan ini dilakukan secara turun temurun oleh para leluhur disambung oleh generasi penerus yang ada saat ini.
“Potensi ini merupakan kebanggaan bagi kampung abar,l. Dijaga, diajarkan secara tutur turun-menurun, bahwa makan Papeda di dalam sempe dan juga ikan yang di masak di dalam belanga batu secara original dari Kampung Abar untuk Papua dan Indonesia,” jelasnya.
Makan papeda di sempe rasanya sangat berbeda bila dibandingkan makan di piring moderen, dan itu menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki masyarakat kampung abar.

Ditempat yang sama, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, mengatakan, pesta makan Papeda di sempe ini merupakan murni agenda dari masyarakat, yang pada saat ini diselenggarakan untuk ke empat kalinya.
“Sebelumnya tidak terlaksana, karena adanya pandemi Covid-19. Tentunya, kami dari Polres Jayapura selalu mensupport dan juga mendukung semua agenda masyarakat yang positif dan ini merupakan salah satunya. Artinya, bagaimana kita semua berkampanye agar kembali ke kampung untuk membangun kampung,” ungkapnya. (Imel)

banner 325x300